Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

15 Orang Mahasiswa Fakultas Peternakan Indonesia Mengikuti Program Magang di Northern Territory Australia

Written by bayuns on March 4, 2013. Posted in Event

   

Northern Territory merupakan salah satu negara bagian di Australia, dengan luas area 1.420.970 Km2  merupakan Negara Bagian terluas ke-3. Industri sapi potong disana merupakan yang ter-besar di Australia, lebih dari 300.000 ekor sapi potong di ekspor dan 90% di ekspor ke Indonesia. Pada tahun 2012, 8 orang mahasiswa Fakultas Peternakan di Indonesia mendapat kesempatan untuk melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan Magang di Industri Sapi Potong disana. Mereka berada di Northern Territory selama ± 2 bulan. Program ini berlangsung atas kerjasama antara NTCA ( Northern territory Cattlemen’s Association ), NT Government, MLA ( Meat Livestock Australia, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya  dan di inisiasi oleh Pengurus Besar ISPI ( Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia ).

“Program PKL dan Magang di NT Cattle Industri 2012 Alhamdulillah berjalan dengan lancar, oleh karena itu ISPI dan NTCA selaku pelaksana program akan mengadakan program serupa di tahun 2013. Direncanakan 15 orang mahasiswa dari 5 Fakultas Peternakan di Indonesia akan mengikuti program yang berlangsung selama 3 bulan” Ujar Robi Agustiar, Sekjen PB ISPI.

Bukan hanya jumlah peserta lebih banyak dan waktu program yang lebih lama, namun sistem seleksi peserta juga mulai dibenahi. Seleksi dilakukan dari tanggal 11 – 17 februari 2013 di 5 Fakultas Peternakan di Indonesia, yaitu Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya dan Universitas Mataram. Tim selektor terdiri dari Michael Amstrong dan Allward Foster ( NTCA ) Robi Agustiar ( PB ISPI ) beserta Wahyu Ramdani dan Safitri ( Peserta PKL dan Magang Australia 2012). Sebanyak 43 peserta mengikuti seleksi ini, ke 43 orang peserta ini sebelumnya telah lolos dari seleksi yang diadakan di oleh intern fakultas.

Michael Amstrong dari NTCA berkata “Banyak sekali hal positif yang didapatkan oleh peserta setelah mengikuti program, pada tahun ini NTCA ikut membantu dalam proses seleksi dan sosialisasi program PKL dan magang dengan harapan semakin banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program ini.”

Selamat kepada 15 orang mahasiswa yang terpilih, jadikan sebagai langkah awal pembelajaran diri dalam menyongsong persaingan global dalam dunia peternakan yang kompetitif. Bagi yang belum lolos ingatlah selalu kata-kata Louis L’amour “Sebagian orang mengatakan kesempatan hanya datang satu kali, itu tidak benar. Kesempatan itu selalu datang, tetapi anda harus siap menanggapinya”. Maju terus Peternakan Indonesia!!!

Trackback from your site.

Leave a comment