Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

50 Tahun Fakultas Peternakan Unpad, “Berkarya Bersama Masyarakat”

Written by bayuns on September 17, 2013. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan acara Pulang Kandang Akbar, yang berlangsung di Plaza Fakultas Peternakan Unpad Jatinangor, Sabtu (14/9). Hadir seluruh alumni dari berbagai angkatan, dimulai dari angkatan pertama tahun 1963, hingga angkatan 2008.

Kegiatan Pulang Kandang Akbar, bertepatan dengan 50 Tahun Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA, Dekan Fakultas Peternakan mengatakan, setelah melalui perjalanan panjang berbagai produk penelitian telah dihasilkan.

“Penelitian tersebut diantaranya dalam bentuk produk komersial. Seperti, mineral Customix dan Agromix. Kemudian Biogas skala rumah tangga, hasil dari pemanfaatan kotoran sapi yang sudah disosialisasikan ke berbagai wilayah di Jawa Barat,” kata Iwan Setiawan.

Ia menambahkan, produk lainnya yang telah mendapatkan paten ada empat buah. Meliputi Proses Produksi Bahan Pakan Unggas Melalui Proses Biokonversi Kakao, dan tiga buah penelitian yang tercakup dalam Mesin Sarana Penyembelih Unggas Semi Otomatis.

“Dengan mengembangkan penelitian-penelitian yang telah dihasilkan, lulusan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran diharapkan menguasai bidang peternakan secara menyeluruh,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Corporate Banking PT. Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok yang juga alumni Fakultas Peternakan Unpad menyatakan, semua lulusan harus dapat memberikan peran serta yang nyata, dalam berkarya dan membangun bangsa. “Dengan semangat kekeluargaan yang dimiliki oleh alumni Fakultas Peternakan Unpad, kita perlu merapatkan barisan, untuk memakmurkan Indonesia,” tutur Fransisca.

Kegiatan memperingati 50 Tahun Fakultas Peternakan Unpad, telah dilaksanakan berbagai acara. Diantaranya,  Pelatihan Pakan dan Pengelolaan Limbah Untuk Masyarakat dan Pengusaha, Pelatihan Pengelolaan Sapi Potong, Pelatihan Pengolahan Produk Peternakan untuk Siswa SMK di Jatinangor, Pelatihan Judging Ternak, Funbike, Kontes Ayam Pelung, Ketangkasan Domba, Kontes Ternak, International Lecture, dan Studium Generale Entrepreneurship Bank Mandiri dengan narasumber Fransisca Nelwan Mok.

Selain itu, bulan Desember 2013 akan dilaksanakan rangkaian acara Dies ke- 50 yakni Diskusi Kurikulum dengan Staf ILRI, Seminar Nasional, Diskusi Ilmiah dan Dosen Goes to Farm. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment