Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Ade Sukirman: “Mental Yang Kuat dan Kejujuran Untuk Raih Kesuksesan”

Written by bayuns on November 20, 2014. Posted in Event

SUJA Nov 2014

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id  –  “Meraih sebuah kesuksesan dalam bidang apa pun yang dijalani, dibutuhkan sebuah sikap positif  yang dapat mendukung terwujudnya harapan tersebut. Mental kuat dan kejujuran adalah hal pokok yang harus ditingkatkan lagi oleh kita semua. Terutama dalam menghadapi tekanan dari atasan tempat kita bekerja dan kelompok peternak sebagai mitra kerja,” kata Ade Sukirman mewakili PT Super Unggas Jaya bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dalam kegiatan “INTERNSHIP PROGRAM 2014”, di Gedung Amphiteater Kamis (20/11).

Ia melanjutkan, perusahaan tempatnya bekerja sangat menghargai dan mengedepankan nilai-nilai tersebut. Terlebih, dalam menjalankan usaha dengan sistem pola kemitraan dituntut menguasai kemampuan menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak. Ade Sukirman yang juga merupakan alumni Fakultas Peternakan Unpad menjelaskan, pola kemitraan yang terbentuk mempunyai dasar pemikiran untuk mengantisipasi ketatnya pemasaran produk dan DOC.

“Konsep dari pola kemitraan, peternak memelihara ayam untuk perusahaan yang terintegrasi secara vertikal, dengan menggunakan sistem harga kontrak,” tuturnya.

Apabila pola kemitraan sudah terbentuk, maka perusahaan sebagai inti tidak akan terbebani oleh subsidi harga. Sementara plasma yakni peternak dapat memperoleh keuntungan yang cukup tinggi. Lebih jauh diungkapkan, keunggulan pola kemitraan mampu dikembangkan lebih cepat dibanding Company Farm.

“Tentu sistem ini tidak sempurna, masih ada kelemahan dalam hal pengawasan yang tidak bisa dilakukan 24 jam. Juga kendala seperti penyakit dan keuangan. Dengan melakukan manajemen yang tepat, masalah dan kendala yang dihadapi, bisa diatasi,” papar Ade. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment