Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Angka Efisiensi Edukasi Harus Ditingkatkan

Written by admin on December 22, 2010. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Lama studi mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad berdasarkan Angka Efisiensi Edukasi (AEE) mengalami kemajuan.  Namun dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), perolehan yang diraih tentunya  harus lebih ditingkatkan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Peternakan Unpad, Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA dalam sambutannya saat membuka Lokakarya Renstra Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Tahun 2011-2020, Rabu (22/12).

“Sebagai perbandingan pada tahun 2010 AEE mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad yang dicapai sebesar 16 persen. Sementara  standar DIKTI berkisar pada angka 25 persen,” kata Dr. Iwan Setiawan

Menurutnya kondisi ini harus menjadi perhatian semua pihak, karena lama studi yang panjang mengakibatkan capaian AEE rendah dan berdampak pemanfaatan sumber daya menjadi tidak efisien.

“Mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad yang lulus di bawah 4 tahun masih sangat sedikit yaitu 2 persen. Sementara lama studi lulusan terbesar antara 4-5 tahun,” ujar Dr. Iwan Setiawan.

Ditambahkannya, secara umum lulusan Fakultas Peternakan Unpad memiliki IPK baik antara 2.75 sampai dengan 3.50. Data tersebut dapat dilihat dari sebaran lulusan antara 76-86 persen selama delapan tahun terakhir. Kenyataan ini menunjukkan baik langsung maupun tidak langsung menggambarkan keberhasilan proses pembelajaran yang dikembangkan.

“Diharapkan lulusan Fakultas Peternakan Unpad bisa bersaing di dunia kerja. Selain itu, proses pembelajaran yang didukung dengan aktivitas yang memperkuat entrepreneurship diantaranya farm stay dapat mengembangkan diri menjadi wirausahawan,” katanya (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment