Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Art Painting Competition 2012 – UKM SMART

Written by admin on February 27, 2012. Posted in Kemahasiswaan

ginaratnasari-150x150[Unpad.ac.id, 7/02/2012] Dari sekian banyak orangtua mahasiswa lulusan Unpad pada Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2011/2012 mungkin orangtua Gina Ratnasari yang paling berbangga hati. Pasalnya, mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad ini dinobatkan sebagai mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi untuk program sarjana dengan IPK 3,95. Pencapaian luar biasa ini diraihnya melalui kerja keras dan dukungan orang-orang terdekatnya.

Dara cantik yang lahir pada tanggal 3 September 1990 ini mengaku telah menemukan tujuan hidupnya saat mengenyam pendidikan di Fapet Unpad. Ketertarikannya yang besar pada bidang peternakan, khususnya minat nutrisi dan makanan ternak memantapkan langkahnya untuk berkarir di bidang yang menurutnya potensial itu. Kendati awalnya bukan pilihan utama saat masuk ke Unpad, Ratna tidak merasa menyesal. Dirinya bahkan berterima kasih kepada Allah SWT karena telah menempatkan di dunianya saat ini, yaitu peternakan.

“Saya menikmatinya dan akhirnya menyadari bahwa itu adalah dunia saya. Di sini bukan hanya ilmu yang saya peroleh tapi juga filosofi hidup. Tujuan hidup saya ternyata saya temukan disini. Saya akan berkarir di bidang ini, baik secara keilmuan maupun di dunia agribisnis. Saya tidak menyesal masuk peternakan,” ujarnya saat ditemui seusai acara Wisuda Unpad Gelombang II Tahun Akademik 2011/2012 di kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/02)

Atas dorongan orangtua, setelah lulus dari SMAN 1 Banjaran, Kabupaten Bandung, Gina mencoba peruntungannya di Unpad. Alasannya memilih Unpad selain karena kualitas Unpad sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia juga karena lokasi yang dekat dari rumah. Gina mengaku tidak mengalami kesulitan saat menempuh pendidikan di Unpad. Dukungan semua orang terdekatnya termasuk orangtua tercinta membuatnya berhasil meraih kesuksesan yang didapatnya sekarang ini.

“Saya hampir tidak mendapati kesulitan yang berarti. Hanya sedikit pada saat awal perkuliahan saja. Hal ini berkat mereka yang selalu memberi dukungan kepada saya. Pada dasarnya karena saya punya tujuan, jadi sesulit apapun rintangannya maka saya buat mudah saja,” jelasnya.

Arti wisuda bagi Gina sendiri tak ubah sebagai sebuah penghargaan baginya dan semua lulusan Unpad karena telah banting tulang dan berjuang sejak awal untuk menyelesaikan tugas sebagai mahasiswa. Sehingga sangat wajar menurutnya jika wisuda diibaratkan sebagai sebagai sebuah perayaan atas pencapaian ke garis akhir perkuliahan di Unpad.

“Bagi orang tua saya tentu ini sebuah kebanggaan, terlebih saya bisa lulus lebih cepat. Mereka bahagia dan mengharapkan saya untuk bisa sukses dikemudian hari. Mereka percaya lulusan Unpad termasuk yang diperhitungkan di luaran sana,” tambahnya.

Gina sendiri dikenal sebagai mahasiswa aktif tidak hanya pada bidang akademik tapi juga kemahasiswaan. Gina tergabung dalam Serikat Mahasiswa Fapet Bidang Penalaran dan kemudian di Badan Eksekutif mahasiswa (BEM). Di bidang keprofesian, Gina aktif dalam kelompok profesi ternak unggas hingga sekarang. Prestasi terbaik yang pernah diraihnya adalah pernah menjadi mahasiswa berprestasi mewakili Fapet Unpad.

“Kegiatan kemahasiswaan semacam itu menambah rasa kepercayaan diri saya karena saya tahu saya punya kemampuan. Semakin banyak kita berinteraksi dengan banyak orang, semakin kita dapat berkembang sambil terus mengukur diri,” terang Gina yang juga pernah menjadi asisten dosen selama kuliah.

Rasa bangga juga datang dari kedua temannya, Teguh Nurdiantri dan Trisnia, yang kebetulan datang mendampingi Gina pada saat Wisuda. Mereka senang melihat kesuksesan Gina. Mereka berharap Gina dapat meraih semua mimpi dan kesuksesannya di masa mendatang.

“Saya merasa bangga terhadap Gina. Saya senang melihat kesuksesannya. Gina pantas menjadi kebanggaan semua orang. Semoga terus sukses dan selalu diberikan yang terbaik,” harap Teguh. *

Sumber: http://www.unpad.ac.id/archives/51495

Trackback from your site.

Leave a comment