Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Audiensi Mahasiswa dan Pimpinan Fapet Unpad “Kreativitas, Gabungan Antara Kepandaian dan Kemampuan Menangkap Peluang”

Written by admin on September 27, 2010. Posted in Event

[peternakan.unpad.ac.id, 27 September 2010] Agar komunikasi seluruh komponen yang terkait dengan kegiatan belajar dapat terlaksana dengan baik khususnya mahasiswa dengan jajaran pimpinan, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menggelar audiensi tentang akademik, keuangan, serta kemahasiswaan yang bertempat di Aula Gedung V, Jumat (24/10).

Kegiatan yang dihadiri oleh para mahasiswa ini terdiri dari berbagai angkatan diantaranya adalah mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran angkatan 2007 hingga angkatan 2010. Sementara itu dari pihak pimpinan yang mengikuti pertemuan ini adalah Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA, Pembantu Dekan I Bidang Akademik Dr.  Agr. Ir. Siti Darodjah Rasad MS, Pembantu Dekan II Dr. Ir. Muh. Hasan Hadiana MS dan Pembantu Dekan III Jajang Gumilar S.Pt MM.

Dalam pertemuan tersebut berlangsung sesi tanya jawab yang cukup menarik. Dimoderatori oleh Dede Syaefulloh (2007), para mahasiswa meluncurkan berbagai pertanyaan antara lain manfaat Student Center Learning (SCL), masalah anggaran pendidikan, sasaran beasiswa Bidik Misi, kerjasama internasional dalam rangka World Class University, KRS Online, akses layanan internet perpustakaan, hingga anggaran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Menanggapi berbagai pertanyaan tersebut Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Dr. Iwan Setiawan menegaskan bahwa diperlukan kreativitas yang tinggi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada.

“Kreativitas adalah gabungan antara kepandaian dengan kemampuan secara jeli dalam menangkap sebuah peluang,” ungkap Dr. Iwan Setiawan

Menurutnya sebagai mahasiswa terutama yang erat kaitannya dengan proses pembelajaran seperti  SCL diharapkan partisipasi aktif mahasiswa. Lebih lanjut dikatakan untuk kerjasama internasional telah dilakukan kerjasama dengan Thailand, Malaysia, Rumania, dan Australia

Sementara itu Pembantu Dekan I Dr. Siti Darodjah Rasad mengatakan bahwa mahasiswa harus mampu mengembangkan dirinya dalam menghadapi proses pembelajaran dengan metode SCL.

“Dengan SCL ini mahasiswa dapat membentuk kelompok belajarnya sendiri seperti Small Group Discussion,” kata Dr. Siti Darodjah Rasad

Mengenai beasiswa Bidik Misi Dr. Siti Darodjah Rasad menjelaskan dalam pelaksanaan di lapangan memiliki kendala keterbatasan waktu. Ditambahkannya pula tentang KRS online diperlukan upaya perbaikan terutama yang berkaitan dengan infrastruktur jaringan.

“Dalam pengembangannya untuk mengantisipasi jumlah pengguna layanan internet khususnya di perpustakaan telah dilakukan pembangunan hotspot yang tersebar di setiap gedung agar mahasiswa dapat menggunakan internet secara bebas dan nyaman,” ujar Dr. Siti Darodjah Rasad

Berkaitan dengan masalah anggaran pendidikan, Pembantu Dekan II Dr. Muh. Hasan Hadiana mengungkapkan bahwa terjadi variasi penerimaan dana pengembangan serta jumlah mahasiswa yang ada di setiap fakultas.

“Untuk diketahui bahwa sumber penerimaan sebagian besar terdiri dari dua penerimaan pokok yakni SPP yang berasal dari mahasiswa dengan komposisi sebesar 25 persen digunakan untuk operasional akademik. Dan sisanya berasal dari APBN untuk membayar gaji karyawan dan dosen,” papar Dr. Muh. Hasan Hadiana

Dengan anggaran yang ada kita harus mampu mengelola semua kegiatan, termasuk di dalamnya anggaran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kegiatan UKM yang berada di bawah Pembantu Dekan III Jajang Gumilar menyebutkan bahwa pendanaan setiap UKM dalam pengajuannya harus membuat perencanaan program kerja.

“Tujuan perencanaan program kerja UKM tersebut berguna dalam menentukan pendanaan kegiatan selama satu tahun. Selain itu program kerja UKM yang diajukan akan ditinjau apakah mempunyai manfaat dalam menunjang kualitas lulusan mahasiswa atau tidak. Kalau bermanfaat tentunya akan didanai sesuai dengan kemampuan yang ada,” kata Jajang Gumilar. (/bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment