Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Awal Sambutan untuk Mahasiswa Angkatan 2010

Written by admin on August 11, 2010. Posted in Event, Kemahasiswaan

Oleh Kunto N

Foto : Firzal N,  Teguh I

Jatinangor-TTIP,  Penerimaan Ruang Senat (PRS) yang telah selesai dilaksanakan pada 24, 27 Juli, dan 3 Agustus 2010 untuk mahasiswa baru angkatan 2010 berlangsung dengan lancar. Kegiatan tahunan yang bertujuan untuk pendataan, pembekalan PMB, dan pengenalan awal Fakultas Peternakan ini mendata 71 Mahasiswa jalur SMUP dan sekitar 200 mahasiswa jalur SNMPTN.

PRS  yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00 ini bersaman dengan jadwal registrasi mahasiswa Unpad untuk Fakultas Peternakan, Psikologi, Pertanian, dan FTIP. Setelah melakukan registrasi, mahasiswa baru mengikuti PRS selama 20 menit di Fakultas Peternakan. Mahasiswa baru sampai di Fakultas Peternakan diantarkan oleh pembina PMB, sampai di Fapet mereka diminta menyelesaikan pengisian form sebelum masuk ke ruang TPBK. Di dalam ruang TPBK telah disediakan 7 stand, masing-masing memiliki fungsi berbeda. Kerohanian, BPM, penjelasan NPM, pengembalian form, dll.  Menurut Deby Mahasiswa angkatan 2010 asal Indramayu yang hadir pada Sabtu, 24 Juli 2010 sempat tegang menghadapi PRS.  “ Sebenarnya tegang tapi tidak berlebihan. Lagi pula PRS diperlukan untuk pemberian informasi, selain itu persiapan mental.” Kata mahasiswi yang masuk Fakultas Peternakan dengan beasiswa Bidik Misi ini.

Kesan ‘Ospek’ yang dibayangkan mahasiswa baru nampaknya menimbulkan rasa khawatir, seperti yang dirasakan oleh Panji asal Bandung. “Awalnya tegang karena tidak tau akan diapakan, tapi sekarang sudah biasa.” Katanya dengan santai setelah selesai menjalani PRS. Menurut mahasiswa yang masuk Fakultas peternakan dengan pilihan pertama di jalur SMUP ini suasana Fapet terasa nyaman untuk beraktivitas setelah sempat melihat-lihat sekeliling Fapet.

Kegiatan PRS sangat diperlukan terutama sebagai pendataan mahasiswa baru sebelum pada 16-20 Agustus 2010 dilaksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Terutama pendataan kesehatan agar ketika PMB tidak ada mahasiswa yang melakukan kegiatan di luar batas kemampuan fisiknya. Penjelasan beasiswa khusus mahasiswa baru dan kerohanian pun tidak luput diberikan.

Sejumlah mahasiswa baru yang sempat diwawancara pada 3 Agustus 2010, merasa PRS ini sebagai sarana informasi untuk PMB kedepannya. Walaupun sempat tegang, mereka mengharapkan keakraban dapat lebih ditingkatkan. Hal ini sesuai dengan usaha panitia dalam meningkatkan fungsi PRS, “Konsep dasar tidak banyak berubah karena tujuan PRS tetap sama yaitu pendataan, pembekalan untuk PMB, dan pengenalan awal Fakultas Peternakan. Yang kami ubah adalah efisiensi waktu, pada tahun sebelumnya pengisian form mahasiswa baru dilakukan berkali-kali tetapi sekarang hanya satu kali sehingga waktu dapat lebih efisien. Selain itu, peran bidang Tata Tertib dikurangi sementara peran bidang Pembina ditingkatkan agar pembinaan untuk mahasiswa baru dapat lebih efektif.” Kata Gina selaku koordinator bidang acara.

Setelah selesai menjalani PRS mahasiswa baru dipersilahkan pulang. Pembekalan PMB ini diharapakn dapat membantu mahasiswa baru mempersiapkan diri menghadapi PMB 2010.

Selamat Datang Mahasiswa Baru 2010!

Trackback from your site.

Leave a comment