Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA

Written by admin on November 13, 2008. Posted in Pengabdian Masyarakat

ajeng3.jpg ajen2.jpg ajeng1.jpg

Perluasan dan pemerataan akses pendidikan menjadi salah satu program yang selalu diusahakan oleh Perguruan Tinggi. Program ini merupakan turunan dari strategi pemerintah pusat untuk memperbanyak kesempatan bagi masyarakat agar dapat mengikuti pendidikan dengan baik.

Berbagai keterbatasan dalam mengikuti pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi menjadi salah satu penghalang bagi perluasan dan pemerataan akses pendidikan. Keterbatasan tersebut disebabkan oleh anggaran pemerintah yang masih terbatas dan kemampuan orang tua mahasiswa yang tidak mampu untuk membayar biaya pendidikan di Perguruan Tinggi.

Mensikapi berbagai keterbatasan tersebut maka Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran mencoba membuat berbagai program untuk membantu mahasiswa yang orang tuanya memiliki keterbatasan dalam membayar biaya pendidikan. Program yang dikembangkan oleh Fakultas Peternakan diantaranya bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni untuk mengembangkan program farm stay, dan beasiswa. Saat ini beberapa mahasiswa yang tidak mampu telah menerima beasiswa dari alumni. Dalam program farm stay, fakultas memanfaatkan fasilitas kandang sapi potong yang ada sedangkan alumni menyediakan sapi potong beserta keperluannya dan Mahasiswa yang tidak mampu tinggal di kandang untuk bekerja di farm tanpa mengganggu jadwal perkuliahannya. Program farm stay ini selain dapat membantu mahasiswa tidak mampu agar dapat memperoleh penghasilan juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa tersebut dan juga dapat dijadikan sebagai tempat praktikum dan tempat penelitian mahasiswa lainnya. Program farm stay ini sudah mulai berjalan sejak pertengahan Bulan Oktober 2008 dengan melibatkan empat orang mahasiswa untuk mengelola 90 ekor sapi Peranakan Ongol.

Selain bekerjasama dengan Alumni, Fakultas Peternakan juga menjalin kerjasama dengan Adjeng Foundation untuk memberikan bantuan biaya pendidikan (SPP) bagi mahasiswa yang tidak mampu. Pemberian bantuan dari Ajeng Foundation telah dilaksanakan pada Tanggal 29 Oktober 2008, diberikan langsung oleh pimpinan yayasan yaitu Dr. Hj. R. Adjeng Ratna Suminar, SH. Kepada 28 orang mahasiswa Fakultas peternakan yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pembayaran SPP nya. Dalam sambutannya Dr. Hj. R. Adjeng Ratna Suminar, SH mengemukakan bahwa mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi ini tidak perlu kecil hati karena banyak contoh yang membuktikan bahwa dari kalangan bawah pun banyak yang berhasil sampai ke puncak karir. Pada kesempatan tersebut juga Ajeng Foundation memberikan bantuan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Padjadjaran (BEM UNPAD) untuk pengembangan instalasi biogas di desa binaan BEM UNPAD.

farm-stay.jpg

Trackback from your site.

Leave a comment