Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

BELENUNG KAMPUNG MANDIRI ENERGI

Written by admin on January 7, 2010. Posted in Informasi Umum

Belenung merupakan salah satu kampung di Desa Mekarsari Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur, secara geografis kampung ini berada di tepi pantai Samudera Indonesia. Penduduk Belenung sebagian besar berprofesi sebagai peternak sapi potong dengan tingkat kepemilikan 3 – 15 ekor/Rumah tangga peternak. Populasi sapi potongnya mencapai 200 ekor yang dipelihara secara ekstensif (digembalakan).

Kampung ini sampai akhir tahun 2009 belum terjangkau layanan listrik PLN, di sisi lain memiliki potensi yang cukup besar berupa limbah peternakan yang dapat dikonversi menjadi enegi listrik. Berdasarkan kondisi itu PT PLN Distribusi Jabar-Banten (DJBB) dan Fakultas Peternakan Unpad melakukan upaya pemenfaatan limbah sapi potong sebagai biogas dan mengkonversinya menjadi energi listrik.

Implementasi teknologi biogas mendapat sambutan hangat dari masyarakat, apalagi setelah terbukti bahwa kotoran sapi dapat digunakan menjadi listrik. “Alhamdulillah ayeunamah Belenung teh jadi caang (Alhamdulilah, sekarang kampung Belenung menjadi terang)” kata Karman salah seorang warga Belenung. Ucapan tersebut dilontarkannya saat dilakukan ujicoba pemanfaatan listrik biogas ditengah sorak sorai warga lain yang senang-gembira dan heran kotoran sapi bisa jadi listrik. Sampai saat ini sudah 42 rumah tangga di kampung tersebut diterangi listrik biogas limbah peternakan.

Pembentukan Kampung Mandiri Energi ini merupakan kerjasama yang ke-3 sebagai bentuk pengisian MoU antara Unpad dan PT. PLN DJBB. Kerjasaama ini akan dilanjukan kembali di daerah lain yang memiliki potensi limbah peternakan yang belum terjangkau layanan listrik PLN, seperti wilayah dan pulau-pulau terpencil.

(Cecep Firmansyah, Staf Pengajar Fakultas Peternakan Unpad)

Trackback from your site.

Leave a comment