Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Calon Dekan di Lingkungan Unpad Mulai Lakukan Sosialisasi Gagasan

Written by bayuns on December 8, 2015. Posted in Event

humas-unpad-2015_12_07-EOS-7D-13_43_22-00081112 Calon Dekan Fapet.1 Calon Dekan Fapet.2

Lima Calon Dekan Fakultas Peternakan Unpad melakukan Sosialisasi gagasan, di Aula Fakultas Peternakan, Senin (7/12). Para Calon Dekan tersebut yaitu Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati, MS, Dr. Rahmat Hidayat, SPt.,M.Si., Dr. Ir. Dedi Rahmat, MS., Dr. Ir. Kurnia A Kamil, M.Agr.Sc.,M.Phil, dan Prof. Dr. Ir. Ellin Herlia., MS.

Acara dimoderatori oleh Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA, dengan diikuti juga oleh mahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen Fakultas Peternakan Unpad. Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad beserta para Wakil Rektor pun turut menghadiri acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ellin Herlia menyampaikan gagasannya dalam meningkatkan kualitas Fakultas Peternakan Unpad. Salah satu program kerjanya yaitu membentuk pengendali operasi (management review). Selain itu, ia juga akan memiliki perhatian dalam implementasi kurikulum perguran tinggi yang mengacu pada SNPT, KKNI, dan SPMI PT.

Prof. Ellin juga mengupayakan dalam meningkatkan peran penjamin kualitas SDM dan lulusan (hardskill dan softskill). Lulusan pun diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, serta dapat bersaing di pasar kerja dengan berbekal heritage language.

Calon Dekan lain, Dr. Kurnia A. Kamil menyampaikan bahwa semestinya kita ini adalah insan abdi masyarakat. Dengan demikian, kita harus dapat berkontribusi untuk masyarakat. “Untuk itu perlu didukung oleh beberapa faktor,” ujarnya.

Faktor pendukung tersebut yaitu memiliki keilmuan, memiliki kompetensi, dan memiliki akhlak atau moral yang baik. Salah satu program yang akan ia buat adalah peningkatakn kompetensi SDM untuk lebih memajukan Fapet Unpad.

Sementara itu, Prof. Husmy Yurmiati menyampaikan bahwa salah satu capaian Fapet Unpad adalah berkontribusi dalam SDGs dan Nawacita. Hal ini sesuai dengan salah satu tantangan yang saat ini sedang dihadapi oleh Fapet Unpad.

Dalam program kerjanya, Prof. Husmy juga meyakini perlunya peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggu, bukan hanya berstandar nasional, tetapi juga internasional. Ia juga menginginkan adanya hilirisasi inovasi, serta peningkatan kapasitas SDM, kegiatan kerja sama, dan aset yang dimiliki.

Selanjutnya, Dr. Dedi Rahmat memaparkan bahwa program dasar yang akan ia lakukan adalah pengembangan kurikulum Fapet Unpad. “Yang paling awal yang akan kami benahi adalah pengembangan kurikulum. Dari kurikulum itulah yang akan kita kembangkan ke pengembangan yang lain,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan yang akan disoroti olehnya adalah meningkatkan partisipasi dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Selain itu juga upaya dalam memperbaiki perencanaan dan tata kelola, serta dalam bidang inovasi.

Calon Dekan berikutnya, Dr. Rahmat Hidayat mengusungkan program “Fapet Mantaps”, terdiri dari Mandiri, Transformatif, Profesional, dan Sustainable. Tiga program yang akan dijalankan yaitu penguatan organisasi tata kelola, budaya kerja, dan pengembangan SDM, mewujudkan pendidikan transformatif, serta mewujudkan Science Park.

“Pendidikan transformatif yaitu mampu mentransformasi peserta didik menjadi entrepreneur dan profesional,” tutur Dr. Rahmat.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2015/12/calon-dekan-di-lingkungan-unpad-mulai-lakukan-sosialisasi-gagasan/

Trackback from your site.

Leave a comment