Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Deddy Mizwar: Menggerakan Masyarakat Untuk Mengembangkan Peternakan Jawa Barat

Written by bayuns on June 19, 2013. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Memasuki hari kedua acara Kontes Ternak 2013, hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar beserta jajarannya, meninjau kegiatan yang sudah berlangsung sejak 17 Juni 2013 di Pusat Pelayanan Basic Science, Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, Selasa (18/6).

Deddy Mizwar mengatakan bahwa kegiatan seperti Kontes Ternak, sebaiknya diselenggarakan lebih dari satu kali dalam setahun. “Hal tersebut bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi, untuk mengikuti kontes ternak yang diadakan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan yang menjadi perhatiannya saat ini adalah kurangnya pasokan dalam memenuhi kebutuhan daging khususnya di Jawa Barat. “Jawa Barat dengan segala potensi yang dimilikinya, termasuk di bidang peternakan masih mengalami kendala dalam hal kebutuhan konsumsi daging,” kata Deddy Mizwar

Menurutnya, salah satu solusi yang dapat ditempuh yakni mengembangkan hewan ternak plasma nutfah asli Jawa Barat beserta pembibitannya serta menggerakan budaya masyarakat dalam beternak daripada berharap kepada investor asing.

Sejalan dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Wakil Rektor III Unpad Dr. med. Setiawan, dr., berharap kerjasama yang telah dilakukan dapat terus berlanjut antara akademisi, pemerintah dan masyarakat. “Universitas Padjadjaran mempunyai kepentingan guna mencetak Sarjana Peternakan yang kompeten di bidangnya serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA menerima kunjungan Menteri Pertanian Negara Bagian Victoria Australia Peter Walsh MP beserta rombongan.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rektor Universitas Padjadjaran tersebut membahas peningkatan pasokan susu, daya saing dan mata pencaharian peternak skala kecil di Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai yakni pada tahun 2018, terdapat peningkatan suplai susu baik secara kuantitas dan kualitas sebesar 25 persen dari 3000 produsen susu yang ada di Indonesia. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment