Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Dekan Fapet Unpad, “Peternakan Bukan Sekadar Tentang Ngangon Ternak”

Written by admin on April 27, 2012. Posted in Event

animalhusbandryphotocontest

[Unpad.ac.id, 26/04/2012] Mempelajari ilmu peternakan bukanlah suatu pembelajaran yang mesti dipandang sebelah mata. Anggapan orang-orang tentang terminologi kata “peternakan” inilah yang sering disalahartikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, butuh upaya yang optimal untuk mengenalkan dunia peternakan kepada masyarakat bahwa ilmu peternakan bukanlah sekadar ilmu tentang ngangon binatang.

 

Hal itulah yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad, Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA., dalam acara penyerahan penghargaan pemenang dari Animal Husbandry Photo Contest 2012 pada hari Rabu (25/04) bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung 1 Fakultas Peternakan kampus Unpad Jatinangor. Selain Dekan, acara ini juga dihadiri oleh Pembantu Dekan I, Dr. Agr. Siti Darojah Rasad, MS., Pembantu Dekan III, Dr. Rahmat Hidayat Guru Besar Fapet Unpad, Prof. Hj. Roostita Bhalia, Ph.D, perwakilan dosen yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini, yakni Dr. Ir. Lilis Suryaningsih, M.Si., dan Dwi Suharwanto, S.Pt., M.Si., serta pemenang lomba dan perwakilan mahasiswa.

Lebih lanjut Iwan Setiawan menilai bahwa peternakan bukan sekadar berkecimpung di dunia hewan ternak saja.  Ada teknologi yang dipelajari di dalamnya, salah satunya ialah teknologi mengenai reproduksi  ternak. Oleh karena itu perlu diupayakan pengenalan kepada masyarakat mengenai Fakultas Peternakan, salah satunya ialah dengan mengadakan lomba fotografi peternakan seperti ini.

Kegiatan Animal Husbandry Photo Contest (AHCP) 2012 ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Tim Teknologi Informasi Peternakan (TTIP) Fapet Unpad yang dilakukan pada tanggal 1 hingga 29 Februari 2012 lalu. Bentuk dari kegiatan ini adalah lomba fotografi mengenai dokumentasi peternakan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dan SMK se-Jawa Barat dan Banten. Ketua Pelaksana acara ini, Bella Viseria mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, TTIP mencoba mengenalkan peternakan melalui media fotografi, dengan harapan foto dapat memperlihatkan secara langsung bagaimana kondisi peternakan di Indonesia.

Acara ini sukses menjaring peserta sebanyak kurang lebih 200 peserta dengan 200 foto tentang peternakan. Melalui proses penjurian yang dilakukan pada 8 Maret lalu, keluarlah tiga orang pemenang dan satu orang peserta terfavorit pilihan mahasiswa berdasarkan polling yang dilakukan di situs sosial media.  Ketiga pemenang itu masing-masing ialah Emiliya Johari dari SMAN2 Krakatau Steel Cilegon sebagai juara 1, Tania Anggraeni R dari SMAN 1 Lembang sebagai juara 2, dan Lisna Nurdianti dari SMA PGII 1 Bandung sebagai juara 3. Adapun pemenang foto terfavorit ialah Lorencia Tirtasari dari SMAN 75 Jakarta.

Ketika ditemui seusai acara, Lilis Suryaningsih mengatakan kegiatan AHCP 2012 merupakan cara yang efektif untuk memperkenalkan Fapet Unpad kepada masyarakat, terutama siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Selama ini Fapet sering dipandang kumuh oleh orang. Dengan kegiatan ini saya harapkan bahwa Fapet tidaklah senegatif yang dibayangkan. Fapet bisa gaya juga,” tuturnya.

Lilis pun menambahkan bahwa dengan kegiatan seperti ini akan mengefektifkan promosi Fapet Unpad ke luar. Melalui promosi di internet saja, panitia sudah mampu menjaring peserta sebanyak 200 orang dan semuanya tersebar dari seluruh wilayah di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten tanpa harus melakukan roadshow mendatangi sekolah-sekolah tersebut. Hal tersebut tentu akan membutuhkan biaya yang lebih jika dibandingkan dengan mempromosikannya lewat internet.

“Sebagai contoh, para pemenang pun rata-rata mendapatkan info adanya kegiatan ini dari Facebook. Hal ini menjadi bukti bahwa promosi kampus dengan bentuk kegiatan lewat internet jauh lebih menghemat biaya daripada harus melakukan promosi ke setiap kampus-kampus,” tuturnya.

Lilis pun berharap semoga di tahun depan kegiatan AHCP 2012 ini dapat dilaksanakan lagi dengan jangkauan wilayah yang lebih luas. “Harapannya, minimal area pulau Jawa dan Bali bisa kita undang untuk mengikuti lomba ini. Hal ini tentunya akan berdampak pada semakin banyak siswa yang memilih peternakan sebagai program studi di perkuliahan nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Juara 1 kegiatan AHCP 2012, Emiliya Johari, tak bisa menyembunyikan rasa senangnya menjadi juara di kegiatan ini. Ditemui seusai acara, gadis kelas XII SMA itu mengaku sangat senang bisa juara lomba di Unpad.

“Ini adalah pertama kalinya saya memenangi perlombaan seperti ini. Saya sangat senang dan bangga,” tutur gadis yang bercita-cita ingin jadi sutradara dan fotografer ini. *

Sumber: http://www.unpad.ac.id/archives/54487

Trackback from your site.

Leave a comment