Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Diskusi Ilmiah Aplikasi Biosecurity Pada Peternakan Unggas

Written by bayuns on March 20, 2013. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Diskusi ini diselenggarakan atas kerja sama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan SAFE (Strategies Against Flu Emergence) dan USAID yang diikuti oleh stake holder diantaranya para peternak dan Technical Service/TS di wilayahsekitar kampus diantaranya Nagreg, Majalaya dan Rancaekek Bandung serta Tanjung Sari Sumedang (PT Super Unggas Jaya Bandung/SUJA, PT Tanjung Mulya, CV. Danies Food dan CV Anjawani), perwakilan staf pengajar (Dr. Ir. Hj. Wiwin Tanwiriah, MP.) dan mahasiswa Fakultas Peternakan. 

Kegiatan yang diselenggarakan di kampus Fapet Unpad Jatinangor ini, diawali dengan pembukaan dan penerimaan dari Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. H. Iwan Setiawan, DEA. Selanjutnya disampaikan informasi rangkaian kegiatan kepada seluruh peserta oleh Endang Sujana, S.Pt., MP (Staf Pengajar Fapet Unpad/ Pengelola Teaching Farm) berupa diskusi dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Teaching Farm Fakultas Peternakan Unpad, dan juga disampaikan program-program selanjunya yaitu Lomba Teaching Farm Award bagi peserta yang telah mengunjungi salah satu Teaching Farm.

Kegiatan selanjutnya sebelum dilakukan diskusi, yaitu pemaparan materi Aplikasi Biosecurity pada Peternakan Unggas dengan judul “ Langkah Efektif Mencegah Penyebaran Penyakit” oleh Paull C. Miller, PhD. (Senior Commercial Poultry Specialist) yang mengatakan bahwa usaha ternak ayam sangat potensial untuk mendapatkan keuntungan, namun usaha ternak ayam sangat rentan terhadap penyakit sehingga upaya pencegahan penyebaran penyakit melalui Program Biosecurity merupakan langkah antisipasi yang sangat penting.  Dengan menjalankan program Biosecurity ini manfaatnya akan sangat dirasakan bagi peternak khususnya untuk mencegah penyebaran penyakit pada peternakan ayam, meningkatkan performa peternakan dan meningkatkan keuntungan sehingga taraf hidup keluarga peternak akan meningkat. Melalui tayangan film yang ditampilkan, peternak dapat melihat teknik-teknik Biosecurity yang sangat mudah diikuti, sederhana, tidak membutuhkan banyak biaya dan akan berdampak sangat luar biasa seperti Cara Pintu Masuk Farm, Halaman Peternakan, Kebersihan, Pintu Masuk Kandang, Ventilasi dan Penanganan Bangkai Ayam.

Disela-sela pemaparan, kegiatan diselingi diskusi dengan para peserta.  Nampak antusiasme peserta yang tinggi dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan dari para peternakan yang hadir setelah melihat pemaparan dan juga tanyangan film Biosecurity. (EJ)

Trackback from your site.

Leave a comment