Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Diskusi Panel “Percepatan Investasi dan Pembiayaan Peternakan di Jawa Barat

Written by admin on June 15, 2011. Posted in Event

Diskusi panel yang dihadiri oleh 100 peserta, di awali dengan pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Cabang Bandung Periode 2011-2015 yang diketuai oleh Ir. Wahyu, MM oleh Pengurus Besar ISPI.

Setelah sambutan penerimaan oleh Kepala BI Bandung, Ir. Lucky Fathul Aziz dan sambutan dari Ir. Yudi Guntara Noor selaku Ketua PB ISPI, diskusi yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA menampilkan tiga pembicara, yaitu Kepala BI Bandung, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, dan Ketua KPGS. Ir. Lucky Fathul Aziz memaparkan bahwa dari sisi perbankan cukup banyak skema pembiayaan yang ditawarkan untuk bidang peternakan dan/atau yang bisa diakses oleh para pelaku bidang peternakan, diantaranya KUR, KKPE dan KUPS.

Namun demikian bila melihat kenyataan bahwa usaha peternakan (khususnya ruminansia) sebagian besar termasuk ke dalam usaha kecil dan mikro sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Peternakan Jabar, Ir. Koesmayadi dan pembicara dari KPGS, Ir. Tendi, MP serta dari beberapa peserta diskusi, maka perlu dicarikan skema pembiayaan lain yang lebih cocok sehingga lebih memungkinkan untuk diakses.

Pola kredit kemitraan inti-plasma tertutup dengan pendampingan dari perbankan dapat dijadikan salah satu model pembiayaan yang bisa menjembatani kondisi tersebut. Selain itu, perlu juga dicoba menjadikan ternak yang dimiliki peternak sebagai jaminan kredit melalui sistem asuransi.

Pertemuan ini, yang dihadiri oleh para calon pengusaha, pengusaha, koperasi, perbankan, pemerintah, dan unsur perguruan tinggi, menjadi salah satu wahana silaturahmi diantara berbagai unsur yang bergerak di bidang peternakan untuk bisa lebih dekat lagi mendiskusikan (dari hati ke hati) pembangunan peternakan ke depan yang lebih maju. (Is)

Trackback from your site.

Leave a comment