Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Gerakan Gemar Minum Susu (Gerimis)

Written by bayuns on January 3, 2018. Posted in Informasi Umum

 

Susu merupakan salah satu pangan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Konsumsi susu sejak dini dapat memperkuat pertumbuhan tulang sehingga menjadikan tulang semakin padat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia yang mengkonsumsinya dikarenakan dalam susu terdapat kandungan Vitamin D, Vitamin C, Fosfor, Zat besi dan Protein. Adapun zat-zat serta kandungan lainnya yang terkandung dalam susu yang meningkatkan status gizi pada susu tersebut.

Seseorang yang mengkonsumsi susu dalam jumlah yang rendah pada usia anak-anak dan remaja, memiliki risiko kurangnya kepadatan tulang dan terjadinya osteoporosis pada saat dewasa dan lanjut usia (Kalkwarf, dkk. 2003). Di Indonesia, motogizi ‘empat sehat lima sempurna’, susu merupakan lima sempurna (dengan konsumsi susu dapat menyempurnakan gizi). Hal ini dikarenakan susu masih dianggap mahal dan masih sulit dijangkau untuk sebagian kalangan. Kondisi ini dapat dilihat dari konsumsi susu yang masih rendah. Untuk mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang cepat, tubuh memerlukan zat gizi yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Apabila tidak diimbangi dengan pola konsumsi pangan yang sehat, masa anak-anak dan remaja dapat menjadi masa yang rawan gizi. Salah satu gizi yang diperlukan pada masa pertumbuhan dan perkembangan adalah kalsium,

Kegiatan Gerakan Minum Susu yang diselenggarakan pada Kamis, 21 Desember 2017 bertempat di Kantor Bupati Bandung Barat merupakan kegiatan yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini memberikan edukasi pada 2000 partisipan dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa pentingnya konsumsi susu. Rangkaian acara diawali dengan senam bersama menggunakan lagu Gemar Minum Susu. Senam ini dipimpin oleh perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga sebagai bentuk kerjasama antar dinas pemerintah. Acara selanjutnya talkshow dengan tema “Pentingnya Konsumsi Susu Guna mengedukasi Anak-Anak dan Orang Tua” yang disampaikan oleh pembicara dari Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat.

Talkshow tersebut menyarankan pada kosumen susu baiknya mengkonsumsi susu murni dibandingkan dengan susu kemasan. Hal tersebut dikarenakan kandungan pada susu kemasan terdapat tambahan-tambahan berupa gula, perasa (flavour), dan lain sebagainya dibandingkan susu murni. Acara kemudian dilanjutkan dengan minum susu bersama Drs. H. Abu Bakar, M.Si selaku Bupati Bandung Barat. Partisipan diberikan masing-masing dua susu dan satu telur gratis. Lagu Gemar Minum Susu pun dinyanyikan dipandu oleh mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Peternakan UniversitasPadjadjaran. Seluruh rangkaian acara tersebut pun tak luput dari dukungan Industri Pengolah Susu (IPS) di daerah Bandung dan sekitarnya. Pameran menjadi wadah bagi IPS di acara tersebut untuk memperkenalkan produknya, mulai dari susu murni sampai yoghurt.

Keberhasilan acara Gerakan Gemar Minum Susu tak luput dari bantuan dan peranan mahasiswa Unit KegiatanMahasiswa (UKM), Cattle Buffalo Club (CBC) dan Kelompok Studi Profesi Ternak Perah (KSPTP) sebagai perwakilan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Cattle Buffalo Club sebagai UKM yang menekuni bidang sapi dan kerbau berharap ke depannya acara serupa dapat berlangsung dengan antusias memasyarakat yang lebih besar. Kemudahan kerjasama dengan dan lintas lembaga terkaitpun diharapkan dapat terjalin dengan mudah, sehingga dapat menciptakan acara yang tepat tujuan dan sasaran.

Laporan oleh Renodipta (Team Media Informasi CBC Fapet Unpad)

Trackback from your site.

Leave a comment