Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

IKATAN KELUARGA ALUMNI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Written by admin on December 30, 2009. Posted in Informasi Umum

IKATAN KELUARGA ALUMNI

FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Informasi Akhir Tahun

Selama tahun 2009, semoga akang/euceu dan kita semua Alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memiliki kenangan yang indah dan berbagai kesuksesan, demikian pula pada tahun 2010 yang Insya Allah akan kita jalani menjadi tahun dimana kita mudah-mudahan diberi nikmat sehat, nikmat iman, dan sukses dalam menjalankan amanah hidup. Pada kesempatan yang baik ini perkenankan kami untuk menginformasikan kegiatan IKA Fapet Unpad sepanjang Tahun 2009.

Selain kegiatan yang sifatnya pertemuan-pertemuan untuk silaturahmi dan kuliah stadium general dari alumni untuk mahasiswa, melalui pertemuan alumni Tahun 2008 yang bertempat di Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur 35 telah dilakukan kegiatan penggalangan dana untuk dijadikan sebagai dana abadi IKA Fapet Unpad dan dana untuk membantu mahasiswa fapet yang kurang/tidak mampu (Laporan telah di up load di website fapet unpad http://peternakan.unpad.ac.id).

Melalui dukungan akang, euceu dan teman-teman semua serta kerjasama yang baik dengan pimpinan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran , selama Tahun 2009 beberapa kegiatan telah dilakukan oleh IKA Fapet yaitu:

1. Pembekalan Alumni Baru

Suatu kegiatan pembekalan bagi lulusan baru yang menitik beratkan kepada bagaimana membangun motivasi, kiat-kiat melamar/mencari pekerjaan dan berwirausaha, serta pengalaman-pengalaman meniti karir di pemerintahan dan bisnis.

Bentuk kegiatan : Diskusi interaktif

Tempat : Fakultas Peternakan Unpad

Peserta : Lulusan baru (rata-rata 50 orang/kegiatan)

Pemateri : Alumni dari kalangan bisnis, pegawai swasta, pemerintahan, dan pendidik

Jumlah kegiatan : 5 kali (dilakukan setiap akan/setelah wisuda)

2. Farm Stay (Program Sosial dan Entrepreneurship bagi Mahasiswa)

Suatu program sosial dan kewirausahaan bagi mahasiswa melalui aktivitas pengelolaan ternak secara langsung (yang sudah berjalan terdiri atas sapi potong dan broiler). Ternak yang dikelola adalah milik alumni dan IKA Fapet Unpad yang dipelihara oleh mahasiswa di kandang Test Farm Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan keterampilan dan memupuk jiwa kewirausahaan karena mahasiswa terjun langsung, dan sekaligus menjadi kegiatan sosial karena setiap periode pemeliharaan harus mengikut sertakan mahasiswa yang mempunyai keterbatasan ekonomi. Selain memperoleh honor pemeliharaan, mahasiswa juga memperoleh bonus atas prestasi kerja yang dicapai sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak. Khusus untuk farm stay sapi potong, mahasiswa juga akan memperoleh keuntungan tambahan apabila dapat memasarkan sapi yang dipeliharanya. Melalui kegiatan ini IKA Fapet juga memperoleh benefit yang dibukukan dalam Buku Kas IKA secara periodik sesuai dengan realisasi aktivitas farm stay.

Bentuk kegiatan : Pengelolaan langsung (1) sapi potong 100 ekor/periode dan (2)

broiler di kandang close dan open house, 2300 ekor/periode.

Tempat : Fakultas Peternakan Unpad

Peserta : Farm Stay Sapi Potong (mahasiswa rata-rata 20 orang/periode)

Farm Stay Broiler (mahasiswa rata-rata 3 orang/periode)

Keikutsertaan mahasiswa tidak mampu rata-rata 4 orang/periode

Pembina : Alumni dan staf Fakultas Peternakan Unpad

Jumlah kegiatan : Farm Stay Sapi Potong 5 periode

Farm Stay Broiler 3 periode

Penelitian : Mahasiswa yang melakukan penelitian berjumlah 3 orang

3. Informasi Lowongan Kerja

Suatu wahana informasi lowongan kerja yang diberikan oleh para alumni melalui IKA Fapet dan disampaikan kepada fakultas untuk dimuat di website fakultas: : http://peternakan.unpad.ac.id. Bagi teman-teman yang memiliki informasi lowongan kerja dan/atau kesempatan untuk berwirausaha dapat disampaikan langsung melalui email: ikafapet@unpad.ac.id atau ikafapet_unpad@yahoo.com

4. Bantuan Dana Talangan

Adalah program IKA untuk memberikan bantuan pinjaman dana kepada mahasiswa yang pada saat masa registrasi memiliki kesulitan/belum bisa membayar uang kuliah. Pada semester genap TA 2008/2009, sebanyak 19 orang mahasiswa memanfaatkan bantuan pinjaman ini dengan total nilai pinjaman sebesar Rp 26.100.000,- (Dua puluh enam juta seratus ribu rupiah). Per tanggal 15 Desember 2009, sisa pinjaman yang belum dibayar oleh mahasiswa sebesar Rp 12.650.000,- (Dua belas juta enam ratus lima puluh ribu rupiah).

5. Bantuan Uang Kuliah

Yaitu pemberian bantuan uang kuliah langsung dari alumni (perorangan maupun kelompok) kepada mahasiswa yang mempunyai keterbatasan ekonomi yang dilakukan secara temporer. Selama Tahun 2009, sebanyak lima orang mahasiswa telah dibantu pembayaran uang kuliah semester akhirnya secara langsung oleh alumni a.n. Angkatan 79 yang difasilitasi oleh IKA Fapet Unpad.

6. Beasiswa Orang Tua Asuh

Yaitu pemberian bantuan uang kuliah dan/atau biaya hidup langsung dari alumni (perorangan maupun kelompok) kepada mahasiswa yang mempunyai keterbatasan ekonomi secara berkesinambungan, minimal untuk jangka waktu 2 tahun (4 semester) dan apabila memungkinkan sampai mahasiswa tersebut menyelesaikan pendidikan di Fakultas Peternakan Unpad. Selain 1 orang mahasiswa telah mendapatkan beasiswa orang tua asuh dari Ir. Yudi Guntara alumni Angkatan 88, pada tanggal 12 Desember 2009 sebanyak 10 orang mahasiswa kembali mendapat beasiswa orang tua asuh masing-masing 6 orang dari Dr. Asep Anang Alumni Angkatan 83 dan 4 orang dari Kelompok Alumni Angkatan 84 yang difasilitasi oleh IKA Fapet Unpad.

HIMBAUAN

Akang, Euceu dan teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan IKA Fapet Unpad sebagaimana telah dilaporkan di atas dan/atau ingin berpartisipasi dalam bentuk kegiatan lainnya dapat disampaikan langsung melalui email: ikafapet@unpad.ac.id. atau ikafapet_unpad@yahoo.com

Agar eksistensi IKA Fapet Unpad lebih terasa manfaatnya bagi almamater, anggota, dan masyarakat luas, maka kami sangat mengharapkan ide,

gagasan, pandangan dan kritik dari teman-teman

ikafapet@unpad.ac.id. atau ikafapet_unpad@yahoo.com

Terima Kasih Atas Segala Bantuan, Partisipasi, dan Kerjasamanya

Jatinangor, 30 Desember 2009

IKA Fapet

Universitas Padjadjaran

Ketua, Sekretaris,

ttd ttd

Iwan Setiawan Jajang Gumilar

Download Laporan Keuangan IKA FAPET UNPAD

Trackback from your site.

Leave a comment