Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Implementasi Animal Welfare: Melindungi Sumberdaya, Kesejahteraan dan Kelestarian Hewan

Written by bayuns on December 3, 2012. Posted in Event

 

Jatinangor, peternakan.unpad.ac.id – Kesejahteraan hewan (kesrawan) adalah persoalan yang cukup penting saat ini, bahkan menjadi salah satu isu dalam era globalisasi yang berpotensi menjadi hambatan dalam perdagangan bebas. Demikian disampaikan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA di hadapan peserta Seminar Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) dengan tema “Implementasi Animal Welfare di Indonesia”, bertempat di Aula Bale Santika Jatinangor, Sabtu (1/12).

“Isu animal welfare, tidak boleh menyebabkan gagalnya perjanjian perlindungan kehidupan dan kesehatan manusia,” kata Syukur Iwantoro.

Lebih jauh diungkapkannya, tujuan penerapan kesejahteraan hewan adalah melindungi sumberdaya hewan dari perlakuan orang atau badan hukum yang dapat mengancam kesejahteraan dan kelestarian hewan.

“Kesejahteraan hewan diatur dalam Undang-Undang No. 18 tahun 2009, yang di-implementasikan melalui peraturan pemerintah No. 95 tahun 2012, tentang kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan,” ujarnya.

Menurut Syukur Iwantoro, tantangan dan kendala yang dihadapi yaitu kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap kesrawan. “Hal ini tercermin dari perbedaan budaya, kepercayaan agama, serta keragaman pengetahuan kesejahteraan hewan di masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

“Dalam upaya menumbuhkan partisipasi masyarakat, dilakukan bimbingan dan pelatihan teknis, serta menyelenggarakan kesejahteraan hewan sejak usia sekolah. Sehingga arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah dapat tercapai yaitu menghasilkan produk aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),” kata Syukur Iwantoro. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment