Instalasi Biogas Pedesaan

Biogas Pedesaan

LiBEC (Livestock Bioenergy Conversion) Fakultas Peternakan Unpad mengembangkan instalasi biogas perdesaan kapasitas biodigester 3m3. Pengembangannya melalui sebuah rekayasa sosial, mengubah image teknologi biogas yang rumit, sulit, dan mahal menjadi sebuah teknologi yang mudah dan murah untuk diterapkan di masyarakat.

Masyarakat pengguna biogas bersama LiBEC Fakultas Peternakan UNPAD menjadi mahir dan secara mandiri mampu mengatasi persoalan yang sering muncul dalam pemanfaatan biogas. Sebelum menjadi pengguna biogas, mereka dilatih terlebih dahulu dan menjadi bagian Forum Komunikasi Pengguna Biogas.

Kapasitas Biodigester 3m3, dengan diisi kotoran ternak (wastewater) sebanyak 25 liter mampu memproduksi gas methan 4,14m3/hari setara dengan minyak tanah 2,56 liter.

Pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas, selain ramah lingkungan juga memperbesar kontribusi bidang peternakan, yaitu menjadi “supplier energi” bagi masyarakat dan tentu saja menjadi nilai tambah/penghematan pengeluaran ekonomi rumah tangga peternak.

Dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran untuk Indonesia

<-- wqqd9333 -->