Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Jika Kuliah Lebih dari 9 Semester, SPP Lebih Mahal

Written by admin on August 26, 2009. Posted in Informasi Umum

Untuk menghindari penumpukan mahasiswa akibat terlambat lulus, Rektor menegaskan bahwa mulai angkatan 2009 ini, Unpad memutuskan bahwa mahasiswa yang melebihi batas waktu sembilan semester atau mulai masuk ke semester ke 10, uang SPP mereka akan meningkat secara progresif. Sedangkan batas akhir masa kuliah tetap 14 semester.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, menegaskan hal tersebut pada Sidang Terbuka Senat Universitas Padjadjaran dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2009/2010 program Diploma dan Sarjana di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Selasa (25/08). Rektor mengatakan, waktu studi di perguruan tinggi adalah 8 semester. Apabila para mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan waktu studi tepat waktu, maka artinya telah memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk dapat menikmati pendidikan di Unpad. Banyaknya mahasiswa yang diterima salah satunya tergantung kepada rasio dosen dan mahasiswa.

“Apabila mahasiswa lama menumpuk di tahun-tahun terakhir, berarti akan memperparah rasio dosen dan mahasiswa tersebut. Tunjukkan tanggung jawab tersebut kepada diri sendiri, orang tua dan masyarakat. Apalagi selama menjadi mahasiswa, orang tua dan masyarakat menjadi penyumbang dana pendidikan terbesar dalam pengembangan pendidikan selama anda berkuliah” tutur Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menerangkan bahwa pada saat registrasi, mahasiswa baru diperkenankan memberi Dana Pengembangan yang lebih besar dari pada yang telah ditentukan. Dari dana pengembangan yang telah terkumpul hingga saat ini, sekira 50 orang mahasiswa baru yang kurang mampu dapat dibantu pembayaran SPP-nya. “Ini merupakan sumbangan mahasiswa baru sebagai bentuk kepeduliannya kepada rekan-rekannya yang kurang mampu,”jelas Rektor.

Aksi sosial mahasiswa baru Unpad rupanya tidak cukup sampai disitu, pada acara ini pun, masing-masing mahasiswa baru menyumbang 2 kg beras dan 3 buah buku dengan judul yang berbeda dengan tema ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan dan sosial budaya. Beras tersebut akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan, sedangkan buku-buku akan disalurkan ke desa-desa tujuan KKNM oleh LPPM Unpad. Pada kesempatan ini, Rektor, perwakilan guru besar, dosen dan karyawan Unpad memberikan secara simbolis beras dan buku tersebut kepada masyarakat sekitar.

Pada acara penerimaan mahasiswa baru ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Unpad memberikan apresiasi penghargaan kepada beberapa mahasiswa Unpad yang berprestasi berkaitan Hari Apresiasi Untuk Mahasiswa (Harum). Penghargaan berupa trofi “Unpad Award” ini diberikan langsung oleh Rektor Unpad dan didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan kepada 10 orang mahasiswa berprestasi pada bidang penalaran, seni dan budaya, olah raga dan mahasiswa kreatif dan inovatif.

Mereka yang meraih Unpad Award tersebut adalah, untuk bidang penalaran, Arini Hapsari (FPIK) Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, Tya Arizona (FE) Juara I Mahasiswa Berprestasi Unpad, Historina Safitri Hakim (FPIK) peserta International Student Week in Ilmenau dan Ajou Exchange Student, Puji Maharani (Fikom) Juara I Musabaqah Debat Ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa Inggris MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional.

Untuk Bidang Seni dan Budaya, Lestari Putri (FK) Juara III Duta Bahasa Jawa Barat. Bidang olah raga, Rifka Hanifa (Fikom), Muhammad Khais Prayoga (Faperta), Riza Permana (Fasa). Bidang Mahasiswa Kreatif dan Inovatif, Atih Ardiansyah (Fikom) Penulis beberapa buku. Perwakilan Lembaga Sahabat Smart Indonesia, Afifah Hifzhillah (Fikom).

Sumber: http://www.unpad.ac.id/berita/jika-kuliah-lebih-dari-9-semester-spp-lebih-mahal/

Trackback from your site.

Leave a comment