Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kebijakan dan Praktek Impor Daging Sapi

Written by bayuns on April 4, 2013. Posted in Event

RTD.1 RTD.2

LATAR BELAKANG

Terjadinya karut marut bisnis daging sapi akhir-akhir ini, sebenarnya dikarenakan adanya ketidakpastian pasokan yang mengakibatkan tingginya harga daging sapi yang tidak kunjung turun. Kondisi ini telah memberikan dampak terhadap ketidakpastian usaha bagi para pelaku bisnis yang terkait daging sapi.

Dipenghujung silang pendapat dan solusi akhir dari berbagai persoalan yang muncul, Kemenko-ekuin mengusulkan sistem lelang dalam penentuan kuota import bagi daging sapi dan sapi bakalan. Apakah sistem lelang  yang disusulkan tersebut, dapat menjadi satu solusi dalam permasalahan karut marut bisnis daging sapi, perlu dibahas dalam suatu diskusi intensif antara para peneliti dengan pelaku bisnis dan pemerintah.

TUJUAN

Tujuan Diskusi ini untuk dapat “mencari dan merumuskan solusi efektif” sebagai masukan bagi kebijakan pemerintah dalam kerangka menunjang program swasembada daging sapi.

LUARAN

Menghasilkan memorandum kebijakan (policy brief )mengenai upaya terciptanya iklim usaha bisnis daging sapi yang kondusif serta tata kelola yang benar dalam hal pelaksanaan kebijakan impor daging sapi dan sapi bakalan.

TEMA KEGIATAN

“Round Table Discussion (RTD) Tentang Kebijakan Sistem Lelang Kuota Impor Daging Sapi

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 4 April 2013 di Hotel Mitra, Jalan Supratman 98 Bandung

PENGANTAR DISKUSI

  1. Deputi terkait Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  2. Forum Ekonomi Jawa Barat

PESERTA

Para pemangku kepentingan pembangunan peternakan sapi potong sebanyak 40 orang yang terdiri para akademisi (perguruan tinggi), praktisi (Asosiasi Peternakan) dan Pemerintah.

PELAKSANA KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan LPPM dan Fakultas Peternakan  Universitas Padjadjaran. Pelaksana kegiatan ini adalah :

Penanggungjawab :

  1. Dekan Fakultas Peternakan
  2. Ketua LPPM Universitas Padjadjaran

Panitia Pengarah :

  1. Wakil Dekan Fakultas Peternakan UNPAD
  2. Ketua Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan LPPM UNPAD

Panitia Pelaksana :

  1. Dr. Ir. Trisna Insan Noor, DEA.
  2. Andre Daud, SP.,MSi

ACARA :

Moderator : Dr. Ir. Trisna Insan Noor, DEA

 

Trackback from your site.

Leave a comment