Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kelompok Peternak Saung Hanjuang Sumedang, Ikuti Pelatihan Pakan Lengkap Terfermentasi Mikroba

Written by bayuns on April 20, 2015. Posted in Pengabdian Masyarakat

Pelatihan PLTM.1 Pelatihan PLTM.2 Pelatihan PLTM.3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Kelompok Peternak Saung Hanjuang menjadi tempat pelatihan mahasiswa Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi ( PKM–T) dengan judul “Transfer Teknologi Pakan Lengkap Terfermentasi Mikroba Lokal (PLTM)” yang berlokasi di Jl. Hampang, Kampung Pasir Laja, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Sabtu, 18 April 2015.

Denny Setiadi yang menjabat sebagai ketua kelompok PKM-T dengan anggota Wawan Darmawan, Rangga Yusnan Iqbal, Fahmi Reza Hidayat (Fapet), dan Jayanti Mega Rohani (FTIP), dibimbing oleh Mansyur S.Pt, M.Si. Sebanyak 40 Peternak hadir dalam kegiatan tersebut. Terdiri dari peternak sapi, kambing, dan domba. Kondisi desa yang dingin dan asri menjadi pertimbangan sebagai lokasi tempat pelatihan program PKM – T di kelompok peternak Saung Hanjuang yang diketuai oleh Kang Wilyan.

PKM Teknologi  yang diketuai oleh Denny Setiadi dari Fakultas Peternakan ingin menjawab kegelisahan para peternak terkait masalah penyediaan pakan dan manajemen pemberian pakan yang baik, agar produksi daging dapat meningkat, dan menaikan kesejahteraan peternak, khususnya para kelompok peternak Saung Hanjuang.

Meskipun diawal kedatangan, kami disambut dengan guyuran hujan, tetapi melihat masyarakat yang ramah, menjadikan suasana di desa Pamulihan sangat hangat dan nyaman. Hal itu membuat kami semakin bersemangat melaksanakan agenda pelatihan tersebut.    Setelah pemaparan teori  presentasi yang disampaikan oleh Kang Denny, maka selanjutnya para peternak diajak langsung untuk melihat demonstrasi mengenai proses pembuatan PLTM, yang didemonstrasikan oleh seluruh anggota PKM-T dengan instruksi dari Bapak Mansyur selaku pembimbing kami.

Program pelatihan ini bukanlah sebatas program ceremonial saja, yang sekali terlaksana esoknya selesai, melainkan ada keberlanjutannya yang rencana di pekan selanjutnya akan ada program pelatihan untuk istri – istri peternak dan ibu – ibu rumah tangga untuk pelatihan teknologi hasil ternak, seperti proses pembuatan sosis dan bakso.

Kami juga sangat berterimakasih kepada Wuni Andreas (Fapet),  Putri Danisyah (FTIP) Yunan Ahmad Taufik S.Pt, Kang Kikin Wiguna, dan Bapak Ir. Tidi Dalika MS yang telah ikut mensukseskan agenda pelatihan PLTM. (RYI)

Trackback from your site.

Leave a comment