Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kemandirian Pangan Membutuhkan Inovasi Teknologi

Written by bayuns on September 26, 2013. Posted in Event

Kemandirian Pangan.1 Kemandirian Pangan.2 Kemandirian Pangan.3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Dalam mendukung kemandirian pangan, diperlukan arah dan strategi kebijakan penelitian dengan menciptakan varietas unggul. Melakukan terobosan inovasi teknologi, serta diseminasi inovasi guna mencapai ketahanan pangan suatu bangsa.

Pernyataan tersebut, disampaikan oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Dr. Agung Hendriadi, M.Eng pada Seminar Nasional Kemandirian Pangan di Jatinangor, Kamis (26/9). Seminar ini merupakan kerjasama antara Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat.

Ia menjelaskan, kemandirian pangan memerlukan persiapan inovasi teknologi khususnya di bidang pertanian, serta mampu menghasilkan nilai tambah produk agar dapat di-ekspor dan bersaing dengan produk lainnya.

“Kita harus selalu terus menerus mengembangkan inovasi teknologi, di tengah permasalahan yang dihadapi. Seperti kepemilikan lahan yang sempit, konversi tanah, dan sulitnya akses petani ke lahan. Karena tuntutan pangan itu pada dasarnya harus aman, berkualitas, juga berkelanjutan,” kata Agung.

Demikian pula yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ir. Roni Kastaman. Dalam sambutannya mewakili Rektor Unpad, ia menyatakan kebutuhan pangan masih banyak di-impor dari negara lain. “Dengan kegiatan bersama yang dilakukan dalam seminar ini, semoga menghasilkan penelitian yang dapat diaplikasikan di masyarakat,” tuturnya. Hal tersebut, merupakan bentuk antisipasi dari perubahan iklim global yang tidak dapat diprediksi, serta menjawab tantangan menghadapi derasnya produk asing sebagai bagian dari perdagangan bebas. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment