Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kerjasama BBPTU-BATU RADEN

Written by admin on August 5, 2009. Posted in Event

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap organisasi, begitu pula bagi SDM yang bekerja di instansi-instansi pemerintah pusat maupun daerah. Salah satu kemampuan SDM yang senantiasa perlu dikembangkan adalah penguasaan penggunaan Teknologi Informasi . Balai Besar Pembibitan Ternak Unggulan (BBPTU) Sapi Perah Baturraden yang berlokasi di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, merupakan salah satu instansi Unit Pelayanan Teknis milik pemerintah pusat cq. Ditjen Peternakan Departemen Pertanian Republik Indonesia yang bertugas untuk menyediakan bibit sapi perah unggul di Indonesia. Peningkatan kemampuan SDM BBPTU Sapi Perah Baturraden terhadap penguasaan dan penggunaan teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk memperlancar tugas BPPTU tersebut.

Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki peran dan tanggung jawab moral terhadap pengembangan SDM untuk kemajuan bangsa, menjalin kerjasama untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing. Piagam kerjasama di tandatangani pada hari Jum’at, tanggal 31 Juli 2009 oleh Kepala BBPTU Sapi Perah Baturraden, Ir. Djodi A H. Suparto, MM dan Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi.,MSc. Untuk menjawab kebutuhan BBPTU Sapi Perah maka dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BBPTU Sapi Perah Baturraden dengan Fakultas Peternakan Unpad yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, MS. selaku Dekan Fapet Unpad.

Ir. Djodi A H. Suparto, MM dalam kata sambutannya mengharapkan kerjasama dapat diimplementasikan dalam pengembangan SDM dan Penelitian, kegiatan pengembagan SDM dalam rangka Pengayaan Metode Analisa Nilai Pemuliaan Sapi Perah berbasis Teknologi Informasi diharapkan dapat menghasilkan proven bull pada tahun 2012 yang akan disebar sebagai bibit ke seluruh Indonesia. Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi.,MSc. mengharapkan kerjasama dapat pula dipakai untuk meningkatkan kualitas Pelaksanaan Belajar Mengajar (PBM) melalui kegiatan Praktikum, Praktek Kerja Lapangan, dan Penelitian mahasiswa di BBPTU Sapi Perah Baturraden serta pengembangan SDM lainnya yang dibutuhkan oleh BBPTU. Sementara itu Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, MS. mengemukakan bahwa kegiatan Pengayaan Metode Analisa Nilai Pemuliaan Sapi Perah berbasis Teknologi Informasi ini merupakan implementasi dan pengembangan dari hasil penelitian S3 staf pengajar Fapet Unpad yaitu Dr. Heni Indrijani, SPt., MS. dengan salah satu tim promotornya Dr. Agr. Ir. Asep Anang, M.Phil. oleh karena itu kedua staf ini ditugaskan menjadi tenaga ahli dalam kegiatan tersebut. (jg)

Trackback from your site.

Leave a comment