Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kesinambungan dan Keberlanjutan Teaching Farm

Written by admin on July 30, 2009. Posted in Pengabdian Masyarakat

[peternakan.unpad.ac.id, 30/09/2009] Tujuan dibentuknya kegiatan Teaching Farm sapi potong yaitu membantu mahasiswa yang tidak mampu melalui beasiswa secara tidak langsung yaitu dengan pembiayaan tenaga kerja.

Pola kerjasama ini melibatkan alumni, fakultas dan para mahasiswa yang sampai saat ini aktif tercatat 30 orang yang dibagi ke dalam tujuh tim dimana satu tim terdiri dari 4-5 orang. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Teguh Yudi Setiawan mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad angkatan 2006, yang kebetulan aktif dalam bidang kegiatan kemahasiswaan CBC (Catle and Buffalo Club).

Dalam kesempatan yang sama Teguh menuturkan bahwa fasilitas Teaching Farm ini harus dijaga keberlanjutan dan kesinambungannya. “Saya mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari pemerintah daerah dan Fakultas serta pihak-pihak yang terkait agar fasilitas teaching farm jangan sampai ditutup.” kata Teguh

“Ini dimaksudkan untuk menunjang belajar praktek di lapangan, kemudian manajemen tenaga kerja, serta pemasaran.” lanjut Teguh. Pada kenyataannya memang ada kendala di lapangan seperti polusi bau yang ditimbulkan. Namun hal tersebut dapat diantisipasi salah satunya dengan jalan membersihkan kandang setiap hari.

Hal senada diungkapkan oleh Sinta Nursani mahasiswi angkatan 2007 yang aktif terlibat dalam kegiatan ini mengatakan hendaknya fasilitas yang ada dilengkapi. “Peralatan pakan sebaiknya diprioritaskan dan perlu didampingi oleh dosen. Maksudnya untuk lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengolah data yang diperoleh di lapangan.” ujar Sinta.***(/bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment