Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Ketatnya Persaingan Memasuki Unpad

Written by bayuns on July 17, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan acara “Open House” bagi orang tua mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 di Aula Gedung V, Selasa (17/7).  Rangkaian kegiatan yang diawali dengan sambutan Rektor Unpad Prof. Dr. Ganjar Kurnia melalui tayangan video streaming menyatakan bahwa persaingan masuk perguruan tinggi semakin tidak mudah. Hal ini ditandai oleh meningkatnya jumlah pendaftar SNMPTN 2012 sebanyak 64.000, sementara untuk jalur SMUP 2012 diikuti oleh 22.000 peserta.

“Dengan perbandingan 1:20 untuk SNMPTN dan 1:10 jalur SMUP, diharapkan terjadi peningkatan kualitas mahasiswa. Sebagai salah satu acuan, dapat terlihat pada salah satu program studi diantaranya yaitu Fakultas Kedokteran Jalur SMUP yang diikuti oleh 3000 peserta dengan daya tampung 35 orang. Ini berarti perbandingan 1:100 yang menggambarkan ketatnya persaingan memasuki Unpad,” kata Prof. Dr. Ganjar Kurnia.

Rektor Unpad juga menegaskan, tidak ada mahasiswa yang drop out karena masalah keuangan. “Tahun 2012, Unpad menyediakan beasiswa Bidik Misi bagi 900 mahasiswa. Selain itu partisipasi berbagai pihak dalam bentuk Bantuan Biaya Pendidikan Sauyunan tahun 2011 terkumpul 3.5 milyar,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Peternakan Unpad, Dr. Ir. Iwan Setiawan., DEA menjelaskan profile Universitas dan Fakultas secara umum. Lebih jauh dikatakannya, bahwa implementasi visi dan misi Fakultas Peternakan pada khususnya adalah menghasilkan Sarjana Peternakan yang menguasai teknologi peternakan ramah lingkungan.

“Untuk mewujudkan langkah tersebut maka dalam proses pembelajaran digunakan metode Student Center Learning (SCL) dan program pengembangan kewirausahaan yang di fasilitasi melalui Suistanable Livestock Techno Park (SLTP),” tutur Dr. Iwan Setiawan. Selain itu dibahas pula mengenai kompetensi lulusan, lama studi dan prospek karir. Acara kemudian diteruskan dengan sesi tanya jawab yang dihadiri oleh sekitar 500 tamu undangan. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment