Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

KKNM: GALI POTENSI, SOSIALISASI, CARI SOLUSI & REALISASI

Written by admin on July 1, 2008. Posted in Informasi Umum

Sebanyak 1439 peserta Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Unpad periode Juli-Agustus 2008 dilepas oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia di Grha Sanusi Hardjadinata, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Sabtu (28/06/08). Peserta akan disebar ke 72 desa yang ada di tiga kabupaten, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Purwakarta. Mahasiswa akan menetap selama sekira dua bulan (Juli-Agustus 2008).

Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Unpad, Ir. Ari Sufyandi, Dipl., H. MT., Ph.D. mengatakan, KKNM kali ini merupakan KKNM tematik, artinya peserta akan mengikuti tema pembangunan dari pemerintah daerah (pemda) masing-masing. Ia mencontohkan Kabupaten Purwakarta yang sudah membuat tema pembangunan, sehingga posisi peserta adalah pendukung upaya pembangunan. Hal ini memunculkan sinergi positif yang harmonis antara Unpad (peserta KKNM), pemda setempat dan masyarakat.

Ia juga berterima kasih kepada Pemda Purwakarta karena telah membebaskan biaya pemondokan mahasiswa selama KKNM Unpad berlangsung dan berharap hal ini diikuti kabupaten lain. Bagi peserta yang mendapatkan lokasi di daerah terpencil agar tidak berkecil hati. Bahkan, umumnya masyarakat daerah terpencil memiliki rasa persaudaraan yang lebih kental. Ia juga berharap agar seluruh peserta senantiasa menjaga dan membawa nama baik Unpad.

Di sisi lain, ia mengharapkan agar Divisi KKNM Unpad mendapatkan ISO 9001 pada tahun mendatang. Hal ini agar menjadi pemacu kinerja dan kualitas Divisi KKNM Unpad. Ia juga menantang mahasiswa untuk membuat Mars atau Hymne KKNM Unpad. Ia menyadari, kegiatan KKNM juga menjadi ajang mencari jodoh bagi mereka yang belum berpasangan. “Jadi jika sepulang KKNM peserta mempunyai jodoh, maka anggaplah itu sebagai bonus,” kelakarnya.

Pada acara ini, Rektor Unpad melakukan prosesi pelepasan secara simbolis kepada tiga mahasiswa dari tiga lokasi KKNM yang berbeda. Prof. Ganjar Kurnia berpesan agar peserta melakukan empat langkah dalam mendukung tema pemda tempat lokasi KKN mereka. Pertama ialah, mendeskripsikan masalah yang terjadi di masyarakat. Jika hal ini telah dilakukan maka mereka harus melihat dan menggali potensi daerah tersebut. Lalu, dengan bekal yang didapatkan di bangku perkuliahan dan bersosialisasi, peserta diharapkan membuat solusi, dan langkah terakhir yaitu merealisasikan solusi tersebut.

Untuk hal ini Rektor meminta agar laporan KKNM ditulis dengan melibatkan tiga hal yaitu, identifikasi masalah, melihat potensi daerah dan memikirkan strategi pemecahan masalah. Dalam kesempatan ini, ia berpesan kepada para peserta agar tidak meninggalkan bom waktu. Maksudnya, para peserta tidak diperkenankan memberikan janji-janji pembangunan dan sebagainya. Hal ini untuk menjaga nama baik Unpad. Rektor Unpad berencana akan mengunjungi peserta secara acak selama 10 hari pada akhir Juli nanti. Ia berharap semoga KKN bermanfaat bagi peserta, Unpad, dan masyarakat.

Menurut Ketua Pelaksana, Drs. Ade Kosasih, M.Ag., peserta KKNM Unpad kali ini terdiri dari: 8 mahasiswa FH, 77 mahasiswa FE, 20 mahasiswa FMIPA, 268 mahasiswa Faperta, 105 mahasiswa FKG, 48 mahasiswa FISIP, 91 mahasiswa FASA, 51 mahasiswa Fpsikologi, 4 mahasiswa Fapet, 407 mahasiswa FIKOM, 95 mahasiswa FIK, 69 mahasiswa FPIK, 137 mahasiswa FTIP, 58 mahasiswa F.Farmasi, dan seorang mahasiswa FTG.

Dosen yang terlibat di lapangan berjumlah 55 orang dengan rincian, Koordinator Wilayah (Korwil) Kabupaten 6 orang, 14 orang Koordinator Kecamatan dan 35 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Korwil Kabupaten Purwakarta ialah Adang Purnama, Ir., dan Moch. Zainuddin, Drs., Korwil Kabupaten Sukabumi adalah Drs. Ace Tatang Hidayat, M.Si. dan Ir. Yadi Supriyadi, sedangkan Korwil Kabupaten Bogor ialah Bombom R. Suganda, S.T., M.T., dan Drs. Endang Baihaqie. (antz)

Sumber: www.unpad.ac.id

Trackback from your site.

Leave a comment