Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

Written by bayuns on June 5, 2014. Posted in Pengabdian Masyarakat

MG_8347

[Unpad.ac.id, 5/06/2014] Dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara (HSN) 2014, Cattle Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad  membagikan susu sebanyak 26.500 cup secara gratis kepada masyarakat. Acara ini digelar di kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung dan area Car Free Day Dago Bandung, Minggu (1/06) lalu.

“Minum susu, Kita Sehat, Kita Cerdas Membangun Bangsa” merupakan tema yang diusung untuk tahun ini, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh CBC Fapet Unpad sejak tahun 2005. Kegiatan yang telah dilaksanakan untuk kesembilan kalinya ini diawali dengan pawai bagi peserta HSN 2014 mengelilingi kampus Unpad Dipati Ukur. Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada orang tua peserta mengenai pentingnya minum susu bagi anak-anak sejak usia pertumbuhan.

Pada kesempatan tersebut, turut diundang pula perwakilan Gubenur Jawa Barat, Walikota Bandung, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Rektor Unpad, Dekan Fapet Unpad, dan beberapa perusahaan yang terkait. Selain itu, acara ini melibatkan partisipasi murid TK dan SD se-kota Bandung sebagai peserta untuk meramaikan acara HSN 2014.

Selain membagikan susu secara gratis, acara ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat Bandung dengan metode sosialisasi dan interactive games bagi peserta HSN 2014. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang meningkatkan gizi masyarakat yang berkualitas serta membentuk kesadaran masyarakat betapa pentingnya minum susu terutama untuk masa pertumbuhan.

Alasan utama pentingnya minum susu adalah untuk mencetak manusia yang berkualitas sebagai generasi bangsa di masa akan datang. Oleh karena itu, CBC Fapet Unpad sebagai organisasi kemahasiswaan ikut serta pada acara tahunan ini guna membantu program pemerintah untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia.

Untuk saat ini konsumsi susu di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data statistik nasional konsumsi susu Negara pada tahun 2012, konsumsi susu Indonesia hanya 14,6 liter/kapita/tahun. Jika dibandingkan dengan Malaysia dan Filipina yang mencapai 22,1 liter, Thailand 33,7liter, Vietnam 12,1 liter, dan India yang mencapai 42,08 liter/kapita/tahun.

Selanjutnya, akan digelar seminar nasional pada Sabtu, 14 Juni 2014 mendatang di kampus Fapet Unpad, Jatinangor. Program ini selalu di selenggarakan setiap tahunnya oleh Kementerian Pertanian Dirjen Peternakan Pengolahan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) yang bekerja sama dengan CBC dan BEM Fapet Unpad.

Diharapkan dengan digelarnya acara ini dapat turut meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia. Tidak hanya sampai disini saja, CBC Fapet Unpad akan bekerja sama dengan 5 Sekolah Dasar  di kota Bandung dengan Program Senin Minum Susu (SMS). Melalui program ini, para siswa akan menabung Rp 1000 setiap harinya, sehingga setiap hari Senin para siswa akan minum susu secara berkelanjutan.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2014/06/konsumsi-susu-di-indonesia-masih-rendah/

Trackback from your site.

Leave a comment