Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kontes Ayam Pelung: Semangat Sportivitas Melalui Kompetisi Rakyat

Written by bayuns on September 12, 2013. Posted in Event

100_6422

Oleh M. Rifqi Ismiraj

               Cuaca cerah namun sejuk mengawali hari Minggu (1/9/13) di Plaza Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor. Pada hari itu diagendakan terselenggaranya suatu kontes tahunan di bidang hobi ternak unggas yang digagas oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa Fapet Unpad, yaitu Kelompok Profesi Ternak Unggas (KPTU). Kontes Ayam Pelung Piala Rektor 2013 namanya. Kontes yang bertemakan “Menjaga, Melestarikan, danMempertahankan Plasma Nutfah Ayam Pelung sebagai Aset Jawa Barat” ini diikuti oleh sebanyak 179 peserta dari pelbagai daerah di Jawa Barat dan Banten.

               Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Ketika diwawancarai, ketua Hippapi Kabupaten Cianjur, Buldan, mengatakan beliau dan rombongan sangat antusias memeriahkan kegiatan ini. “Sangat mendukung ya, setiap ada kontes ayam pelung selalu kami dukung dan ikuti jika keadaan sehat wal afiat. Kegiatan ini sangat baik dalam rangka melestarikan ayam pelung, yang merupakan plasma nutfah asli Jawa Barat, yaitu Cianjur”, ujarnya. Beliau mengatakan rombongannya terdiri dari 30 orang, yang merupakan perwakilan dari tiap kecamatan di Kabupaten Cianjur. Pria ini mengaku memang menyukai beternak ayam pelung, sehingga beliau terjun ke dunia ayam pelung sejak 1984. “Saya menyukai ayam pelung karena tiga hal yang berbeda dengan jenis ayam lain. Pertama, suaranya yang indah. Kedua, penampilannya yang gagah. Ketiga, bobot badannya yang berlimpah”, tukasnya. Buldan berharap kegiatan ini diadakan minimal tiap tahun sehingga kelestarian ayam pelung di Indonesia bisa terjamin.

Melalui sambutan yang diucapkannya, Dede Mukhaeri, mahasiswa Fapet angkatan 2011, ketua pelaksana panitia kegiatan ini berharap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pelestarian budaya Sunda di bidang kesenian berbasis peternakan. Dede juga berharap kontes akan berlangsung meriah. “Undangan disebar kepada perwakilan HIPPAPI di berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten, diantaranya Bandung, Bekasi, Cianjur, Majalengka, Sukabumi, Tangerang, dan Tasikmalaya. Semoga saja dengan begitu, acara bisa berlangsung meriah”, katanya. Sementara itu Dewi, mahasiswi Fapet angkatan 2011, koordinator humas panitia kegiatan ini berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, meriah, dan dapat mewujudkan tema yang diusung. “Semoga acara ini lancar, didasari dengan kekompakan panitia, serta sukses mewujudkan tujuan dan tema yang kita usung”, katanya. Persiapan kegiatan ini berjalan sejak bulan Juli 2013, sehingga dapat dipastikan segala aspek teknis kegiatan ini dalam kategori matang. Meskipun begitu, kata Dewi, semua pihak berharap bahwa seluruh peserta menjunjung tinggi sportivitas dalam kontes ini. “Ini kan basisnya kegiatan fancy ya, jadi saya harap semua peserta tidak mempunyai ambisi berlebih untuk menjadi juara. Sportivitas harus tetap dijunjung tinggi. Namanya kontes ya ada kalah, ada menang. Hal yang penting adalah kita menjalani kontes ini dengan rasa senang dan penuh kekeluargaan”, harapnya.

KPTU memang mengagendakan kegiatan ini setiap tahun. Kegiatan ini merupakan kegiatan turunan yang dilaksanakan sejak tahun 2000. Namun, pada tahun ini, kegiatan ini lebih terasa spesial, karena berbarengan dengan perayaan usia emas (50 tahun) Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Diharapkan pula, kegiatan ini dapat memeriahkan dan memaknai seluruh pencapaian Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran sejak berdiri dari 50 tahun yang lalu.

Trackback from your site.

Comments (1)

  • willy
    September 28, 2013 at 4:45 pm |

    sayangnya kontes piala rektor 2013 tidak ada yg mengumumkan hasilnya dri panitia.. kami berharap jg dapat memberikan masukan2 dan membagi ilmunya seputar ternak ayam pelung…

Leave a comment