Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kuliah Umum Prof. Hasan El Shaer

Written by bayuns on October 13, 2015. Posted in Event

Prof. HES.1 Prof. HES.2 Prof. HES.3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan narasumber Profesor Hasan El Shaer yang menjabat sebagai President of the Egyptian of Excellence for Bio – Saline Agriculture, di Aula Gedung V Lantai III, Senin (12/10).

Dalam pemaparannya, Hasan El Shaer mengatakan tentang pentingnya potensi pemanfaatan limbah pertanian untuk makanan hewan ternak. “Residu pertanian merupakan istilah yang digunakan dalam arti luas meliputi limbah pertanian dan agroindustri serta merupakan produk akhir dari pertanian. Keuntungan yang dapat diperoleh yaitu menciptakan industri agro baru di pedesaan dan perkotaan. Manfaat lainnya mampu menghemat jutaan dolar yang dihabiskan untuk impor,” kata Hasan El Shaer.

Ia menjelaskan, belum optimalnya pemanfaatan residu pertanian disebabkan terkendala oleh berbagai masalah. Diantaranya, infrastruktur yang buruk dan tingginya biaya transportasi. Selain itu kurangnya database tentang jumlah, lokasi, jenis residu pertanian, metode pemanfaatan dan institusi yang terlibat.

Menurutnya, untuk meningkatkan nilai pakan pada hewan ternak dapat menggunakan pendekatan metode fisik seperti pakan dalam bentuk gilingan atau pelet. “Kemudian dapat juga digunakan metode kimia misalnya hidrolisis alkali atau amonia, urea dan molases. Selanjutnya metode biologi diantaranya dengan teknik jamur dan bakteri. Jadi residu pertanian, merupakan bahan yang sangat berharga apabila pengelolaan serta pemanfaatan teknologinya dilakukan dengan tepat,” ujarnya. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment