Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kunjungan Kerja Fapet Unpad ke Universitas Gadjah Mada

Written by bayuns on December 1, 2014. Posted in Event

Kunker Fapet.1 Kunker Fapet.2 Kunker Fapet.3

YOGYAKARTA, peternakan.unpad.ac.id – Menyongsong perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), Pimpinan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran bersama Tenaga Kependidikan, melakukan kunjungan kerja dengan fokus bahasan “Pelatihan Manajemen Diri” ke Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Jumat (28/11).

Rombongan Fapet Unpad yang diterima langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA beserta jajarannya, langsung disambut dengan hangat. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati MS mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan, mempunyai maksud untuk berbagi pengalaman dan wawasan menjelang PTN BH.

Menanggapi pernyataan Dekan Fapet Unpad, Prof. Ali Agus menjelaskan untuk program studi S1 berubah menjadi Ilmu dan Industri Peternakan. “Dengan komposisi tenaga pengajar berjumlah 72 orang diantaranya 30 persen guru besar. Sementara tenaga kependidikan, mencapai 116 orang. Mahasiswa S1 per angkatan 220 mahasiswa. Untuk S2 dan S3 sekitar 150-200 mahasiswa,” kata Ali Agus

Menurutnya, perubahan status Fapet UGM menjadi PTN BH, menuntut adanya sebuah terobosan. Maka dibentuk salah satu unit usaha bernama Plaza Agro. “Plaza Agro ini berbentuk mini market, yang menyuplai produk-produk di Agrokompleks. Penyelenggaraannya bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa. Dengan pembagian 70 persen Fakultas termasuk tenaga kependidikan dalam bentuk SHU, 30 persen menjadi milik UKM. Tahun 2014, omset Plaza Agro telah mencapai lebih dari 3 Milyar. Usaha ini disamping bisnis, sekaligus mengandung unsur pendidikan yakni pembelajaran bagi mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar,”  ujar Ali Agus.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Budi Guntoro S.Pt., M.Sc, Ph.D menambahkan, program studi S1 hingga S3 telah memperoleh akreditasi A. Di tingkat ASEAN juga telah mendapatkan akreditasi, sebagai upaya menyiapkan kompetensi di tingkat regional. “Selain itu, mengembangkan jaringan mahasiswa bekerjasama dengan ASEAN, dan mendorong motivasi mahasiswa untuk lebih berprestasi lagi,” tuturnya. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment