Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Kunjungan Menteri Riset dan Teknologi ke Farm Stay Fakultas Peternakan Unpad

Written by admin on June 26, 2009. Posted in Event

[peternakan.unpad.ac.id, 26/06] Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia Kusmayanto Kadiman, pada hari Kamis 25 Juni 2009 melakukan kunjungan ke teaching farm sapi potong Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang sedang mengembangkan program Farm Stay. Program Farm Stay adalah program yang dikembangkan antara fakultas dengan alumni dan mahasiswa. Fakultas menyediakan fasilitas (teaching farm) di kampus Jatinangor untuk digunakan mahasiswa mengelola budidaya ternak dan pasca panen.

Bantuan modal kerja (ternak dan pakan) berasal dari donatur/alumni, atau dari dana beasiswa yang dikelola IKA. Modal tersebut dikembalikan setelah program selesai dan keuntungannya menjadi bagian mahasiswa yang dapat digunakan untuk membantu biaya pendidikan, namun mahasiswa berkewajiban untuk memelihara sarana yang digunakan.

Dalam kesempatan tersebut, Menristek beserta tim yang didampingi oleh Dekan Fakultas Peternakan Unpad Prof. Dr. Dadi Suryadi dan para pembantu dekan meninjau langsung kawasan ini untuk melihat lebih dekat pengelolaan yang dilakukan.

Menristek Kusmayanto Kadiman sempat melakukan dialog dengan para mahasiswa mengenai potensi pengelolaan Farm Stay yang sedang dijalani. Mendapat penjelasan tersebut, Menristek menegaskan bahwa sistem dan pola kerjasama yang dilakukan cukup baik dan hendaknya lebih ditingkatkan lagi pada masa mendatang, karena program tersebut dapat bermanfaat untuk membantu mahasiswa yang tidak mampu serta dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha dalam bidang peternakan sapi potong.

Selain itu Menristek mengharapkan untuk sistem pengelolaan kandang tertutup (closed house) dapat memanfaatkan dan menggunakan aplikasi teknologi di bidang energi terutama dalam hal listrik. “Dengan memanfaatkan tenaga surya, kita bisa menggunakan sumber energi secara murah, yang nantinya para peternak (masyarakat) dapat menikmati hasilnya secara optimal,” kata Kusmayanto

Selesai melakukan lawatan, Menristek Kusmayanto Kadiman meneruskan kegiatannya untuk mengunjungi sentra-sentra industri peternakan serta program sarjana membangun desa di daerah Sumedang, Malangbong dan Garut.*** (/bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment