Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

KUNJUNGAN PESERTA DIKLAT GURU INTI SE INDONESIA

Written by admin on April 8, 2009. Posted in Event

Dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA (P4TK IPA)

Dalam upaya lebih memperkenalkan energi aternatif khususnya biogas kepada guru-guru IPA, pada hari Senin Tanggal 23 Maret 2009 sebanyak 60 orang guru-guru inti se Indonesia yang sedang melakukan Pendidikan dan Pelatihan di P4TK-IPA telah berkunjung ke Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Para guru mendapat penjelasan secara umum dari Pembantu Dekan I (Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA) dan penjelasan secara teknis dari Ir. Sri Rahayu, MS, Dr. Ir. Yuli Astuti, MS dan Cecep Firmansyah, SPt., MSi. mengenai LiBEC Program (Livestock Bioenergy Conversion Program) Fakultas Peternakan Unpad.

Peserta sangat antusias untuk mengenal lebih dekat bagaimana teknologi biogas dikembangkan dan bagaimana rekayasa sosial dilakukan agar program pengembangan biogas menjadi kebutuhan komunal masyarakat. Mengingat keterbatasan waktu, hanya 11 orang peserta yang berkesempatan bertanya dan berdiskusi dengan Tim LiBEC.

Berbagai pertanyaan berkembang mulai dari teknis pembuatan biogas berbasis kotoran ternak sapi, apakah feses ternak lain dapat dijadikan biogas, bagaimana menjaga temperatur digester pada musim hujan, apakah untuk mempercepat proses terjadinya biogas perlu ditambahkan starter, apakah ada efek samping dari proses pembuatan biogas, perlunya dibuatkan instalasi gas yang lebih aman, sampai kepada pertanyaan bagaimana teknik pendekatan kepada masyarakat, seberapa besar keuntungan finansial, dan bagaimana kemungkinan kerjasama dengan P4TK IPA agar materi pembuatan biogas dari kotoran ternak ini menjadi salah satu materi Diklat di P4TK IPA.

Tidak kalah menarik himbauan dari salah seorang guru agar Fakultas Peternakan Unpad memberikan materi pengembangan biogas yang dikembangkan dalam LiBEC Program langsung ke sekolah-sekolah. Melalui cara ini para guru akan lebih tertarik dan diharapkan pengetahuannya akan ditularkan kepada murid-murid terutama dalam cara berpikir untuk selalu hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, tentu saja diharapkan pengembangan biogas di masyarakat akan lebih cepat dan luas (reportase/iwan).

Trackback from your site.

Leave a comment