Kunjungan SMK Nurul Huda Panumbangan Ciamis

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menerima kunjungan siswa SMK Nurul Huda Panumbangan Ciamis, bertempat di Ruang Senat Gedung I lantai I Jatinangor, Rabu (23/01). Kunjungan siswa SMK yang berjumlah sekitar 40 orang, diterima langsung oleh Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan, Dr. Rahmat Hidayat. Dalam sambutannya menyatakan, bahwa perguruan tinggi setiap saat terbuka bagi semua kalangan. Terutama untuk mengenal lebih jauh tentang Fakultas Peternakan.

Secara umum dijelaskan oleh Dr. Rahmat Hidayat untuk dapat diterima kuliah di Unpad, penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 dilakukan melalui SNMPTN jalur undangan, yang mencapai hingga 60 persen. “Itu tercermin dari prestasi siswa selama sekolah, jika menempati rangking lima besar, maka peluang untuk diterima sangat besar,” kata Rahmat Hidayat.

Selain itu menurutnya, hal lain yang harus diperhatikan adalah nilai indeks sekolah yang bersangkutan. “Yang dimaksud dengan nilai indeks adalah berapa jumlah alumni yang masuk ke perguruan tinggi dalam hal ini Unpad, pada tahun sebelumnya. Indeks tersebut menentukan kuota dan jumlah yang diberikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Unpad memiliki salah satu program diantaranya “Unpad Nyaah ka Jabar”. “Sesuai arahan Rektor Unpad, bahwa cita-cita berdirinya Unpad yaitu memberikan kesempatan kepada warga Jabar, untuk belajar di perguruan tinggi. Dengan demikian, setiap kabupaten di Jabar, dapat mengirim 84 calon mahasiswanya untuk studi di Unpad. Harapannya prosentase mahasiswa asal Jabar dapat meningkat hingga 60-70 persen,” tutur Rahmat Hidayat. (BNS)