Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Kunjungan UPT-HKI Unpad

Written by admin on April 29, 2009. Posted in Event

SOSIALISASI HKI Unit Pelaksana Teknis Hak Kekayaan Intelektual Universitas Padjadjaran

Sosialisasi tentang Pedoman Pengelolaan Kekayaan Intelektual di lingkungan Universitas Padjadjaran telah dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis HKI Unpad pada tanggal 27 Maret 2009 di Amphiteater Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Pengantar disampaikan oleh Dekan Fapet Prof. Dadi Suryadi yang menekankan ajakan kepada staf dosen fapet untuk selalu menginventarisasi segala jenis produk penelitian yang memiliki potensi HKI, dilanjutkan dengan pengantar dari UPT-HKI Unpad yang disampaikan oleh Evie Ariadne Shinta Dewi, Dra., M.Pd. Prof. Sri Bandiati dosen Fapet sebagai nara sumber menjelaskan secara umum hasil penelitiannya dalam bidang genetik domba yang sedang diupayakan untuk memperoleh HKI.

Sedangkan, Laina Rafianti, S.H., M.H pembicara dari UPT-HKI Unpad selain menjelaskan mengenai Pedoman Pengelolaan Kekayaan Intelektual di lingkungan Universitas Padjadjaran, juga menekankan perlunya kesadaran warga Unpad agar segala karya yang telah dan akan dikembangkannya memiliki pengakuan dan perlindungan hukum. Sesuai dengan undang-undang, pengakuan dan perlindungan hukum atas berbagai karya antara lain diatur dalam undang-undang tentang Hak Cipta, Paten, Merek, Hak Varietas Tanaman, Rahasia Dagang, dan Desain Industri.

Pada sesi diskusi muncul berbagai pertanyaan diantaranya bagaimana hak atas karya ilmiah mahasiswa (skripsi, tesis, disertasi) dan bagaimana melindungi karya staf dosen yang sudah dikomersialkan oleh industri.

Ditekankan oleh pembicara bahwa Hak Moral atas karya ilmiah dimaksud dimiliki oleh mahasiswa sehingga nama mahasiswa tersebut harus ditulis dalam setiap publikasi dan/atau reproduksi dari hasil penelitian dan karya ilmiah yang dihasilkannya. Mengenai bagaimana melindungi karya yang sudah dikomersialkan disarankan agar dosen bersama-sama dengan industri mengurus Rahasia Dagang. Melalui sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Intelektual di lingkungan Universitas Padjadjaran dan adanya komitmen dari pihak universitas untuk memberikan penghargaan yang wajar, diharapkan staf dosen akan lebih bergairah melakukan penelitian/kajian-kajian yang berorientasi produk (reportase/iwan).

Trackback from your site.

Leave a comment