Kurikulum Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Berikut adalah perkembangan kurikulum Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Perkembangan Kurikulum

  1. Tahun 1963 sampai Tahun 1978 didasarkan pada kurikulum yang diarahkan kepada pencapaian lulusan sebagai Sarjana Peternakan yang menguasai segala aspek bidang peternakan secara umum.
  2. Tahun 1979 – 1980, mencoba menerapkan sistem Jurusan yang berfungsi sebagai Unit Akademik Dasar. Walaupun SK Dirjen Dikti hanya Jurusan Produksi Ternak, tetapi secara de facto Jurusan yang ada adalah Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan, dan Jurusan Reproduksi Ternak.
  3. Tahun 1981 – 1994, pendidikan peternakan diarahkan menjadi Program Studi Ilmu Peternakan. Organisasi jurusan yang telah dibentuk tetap dipertahankan dengan sedikit perubahan menjadi: (1) Jurusan Produksi Ternak, (2) Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, dan (3) Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan.
  4. Tahun 1981 – 1994, pendidikan peternakan diarahkan menjadi Program Studi Ilmu Peternakan. Organisasi jurusan yang telah dibentuk tetap dipertahankan dengan sedikit perubahan menjadi: (1) Jurusan Produksi Ternak, (2) Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, dan (3) Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan.
  5. Berdasarkan SK Dirjen Dikti Tahun 1994, pada Tahun 1995 – 1998 diperkenankan menerima mahasiswa baru yaitu Program Studi Produksi Ternak. Struktur organisasi Jurusan tetap dipertahankan untuk mengkoordinasikan laboratorium
  6. Berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor : 177/DIKTI/Kep/1999, sejak Tahun 1999 tiga program studi lain yaitu Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan mulai menerima mahasiswa baru. Perkembangan ini secara langsung merubah organisasi jurusan menjadi empat, yaitu: (1) Produksi Ternak, (2) Nutrisi dan Makanan Ternak, (3) Teknologi Hasil Ternak, dan (4) Sosial Ekonomi Peternakan. 
  7. Tahun Akademik 2003/2004 pendidikan peternakan di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran kembali berorientasi kepada penguasaan bidang peternakan secara komprehensif dengan kurikulum yang berbasis kompetensi.