Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Laboratorium Pemuliaan Ternak dan Biometrika

Written by admin on February 27, 2012. Posted in Laboratorium

Evaluasi Genetik Pada Sapi Perah

Sapi perah mulai didatangkan ke Indonesia sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Dalam perkembangannya, sebagai upaya perbaikan mutu genetik, Indonesia masih banyak mengimport bibit unggul dari luar negeri. Sementara untuk perbaikan mutu genetik ternak yang ada masih perlu dikembangkan suatu metode evaluasi genetik yang sesuai untuk kondisi di Indonesia.

Perkembangan metode evaluasi genetik sapi perah telah berkembang dengan pesat. Dimulai evaluasi dengan menggunakan catatan produksi 305 hari kemudian berkembang kecatatan test day untuk kemudahan dan efisiensi. Demikian juga dengan metode evaluasi, analisis REML dan BLUP sudah ditetapkan sebagai metode evaluasi standar dunia. Modelnya pun bermacam-macam, mulai dari univariate, multivariate, model regresi tetap dan model regresi random. Pelatihan dan pendampingan ini akan memberi pencerahan tentang perkembangan metode aktual evaluasi genetik pada sapi perah.

Kepala Laboratorium
Pemuliaan dan Biometrika
Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Dr. Ir. Dedi Rahmat, MS

Contact Person:
Dr. agr Ir. Asep Anang, MPhil
Email: asep.anang@unpad.ac.id

Trackback from your site.

Leave a comment