Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Laboratorium Produksi Ternak Perah

Written by admin on February 27, 2012. Posted in Laboratorium

Teknik Pengekangan Sapi Perah

Cara peternak menangani sapi perah menunjukkan keadaan pribadi dan perilaku peternak tersebut. Sapi perah termasuk hewan yang peka terhadap perlakuan kasar. Patut diingat bahwa sapi perah adalah bagian dari faktor produksi yang merupakan modal kerja sehingga perlu dijaga agar bertahan lama dan memberi hasil tinggi serta berkualitas. Interaksi yang baik antara peternak dan sapi perah memberi hasil kerja yang memuaskan dan keselamatan kerja bagi peternak.

Saat bekerja dengan sapi perah peternak harus menjaga keamanan dan keselamatan dirinya. Karena itu, peternak harus tahu di mana posisinya berada dan selalu waspada ketika sedang bekerja. Waspada menyebabkan peternak sapi perah memperhatikan perilaku hewan peliharaannya terhadap perlakuan yang diberikan dan berhati-hati dalam menggunakan alat. Ketidakhati-hatian dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Kecelakaan yang terjadi dapat berupa terinjak, tertendang, terhimpit, diseruduk, ditanduk, dan lain-lain.

Untuk mengurangi atau bahkan menghindari terjadinya kecelakaan kerja, peternak harus mampu mengekang ternak sapi perah. Pengekangan sapi perah menggunakan alat yang murah dan tanpa banyak menyakiti sapi perah adalah memakai tali. Keterampilan pengekangan sapi perah diperoleh melalui pelatihan.

Kepala Laboratorium
Produksi Ternak Perah
Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Willyan Djaja

Contact Person:
Willyan Djaja
Email: willyandjaja_rusli@yahoo.com

Trackback from your site.

Leave a comment