Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Laboratorium Produksi Ternak Potong

Written by admin on February 27, 2012. Posted in Laboratorium

Penggemukan Sapi Potong Secara Intensif

Sapi potong merupakan salah satu komoditas ternak yang turut menyumbangkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Pada masa kini, permintaan terhadap daging sapi menunjukkan tren meningkat. Oleh sebab itu perlu diupayakan penyediaan daging sapi dalam jumlah banyak dan berkualitas baik. Penggemukan sapi potong merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi daging sapi yang berkualitas.

Penggemukan sapi dapat dilakukan secara intensif maupun ekstensif. Penggemukan secara intensif memiliki keunggulan dibandingkan dengan ekstensif, diantaranya adalah dapat menggunakan lahan terbatas, waktu pemeliharaan lebih singkat, dan menjamin kualitas daging yang lebih seragam.

Melalui pelatihan Penggemukan Sapi Potong Secara Intensif ini, diharapkan peternak dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pemeliharaan sapi potong dengan baik dan benar, Peternak juga akan mendapatkan keterampilan menyusun ransum yang disesuaikan dengan ternak yang dipeliharanya. Pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan diharapkan akan bermanfaat dalam usaha penggemukan yang dilakukan. Usaha penggemukan secara intensif yang diterapkan dengan benar akan meningkatkan produksi ternak sehingga berdampak langsung pada peningkatan pendapatan peternak.

Kepala Laboratorium
Produksi Ternak Potong
Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Dr. Ir. Denie Heryadi, MS

Contact Person:
Dr. drh. Endang Yuni Setyowati, MSc. Ag
Email: atik_isra@yahoo.com

Trackback from your site.

Leave a comment