Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

LIPI Dukung Pembangunan Sektor Peternakan Nasional

Written by bayuns on December 11, 2014. Posted in Event

LIPI.1 Mimbar Ilmiah.1 Saresehan.1

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Untuk mengembangkan penelitian yang sifatnya unggul, serta membawa dampak bagi masyarakat umum dan industri, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) konsisten membangun dan mengembangkan sektor peternakan. Demikian pernyataan Dr. Ir. Akhmadi Abbas, M.Eng.Sc Wakil Kepala LIPI saat meresmikan Laboratorium Riset dan Pengujian Meat Milk Pro Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Rabu (10/12).  

Ia mengatakan,  pada tahun 2030 Indonesia diperkirakan harus menyediakan daging sebanyak 12,3 juta ton. Kecenderungan volume impor terus meningkat dan menguras devisa negara.

“Pembangunan sektor peternakan merupakan tugas komponen seluruh bangsa. Selain itu bermanfaat bagi pengentasan kemiskinan. Diresmikannya Laboratorium Riset dan Pengujian Meat Milk Pro, mengambil peran mendorong perkembangan peternakan secara nasional,” kata Dr. Akhmadi Abbas.

Kerjasama antara LIPI dengan Fakultas Peternakan Unpad, diapresiasi oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Dr. med. Setiawan, dr. Menurutnya, sebagai wujud dari aktifitas tridharma khususnya penelitian, riset inovatif berguna untuk pembangunan dan perekonomian suatu bangsa.

“Bagi Unpad, kegiatan ini menjadi sinergi dalam mengembangkan institusi terutama menyangkut PTNBH. Dengan resources sharing yang lebih luas, dapat mengembangkan kerjasama yang telah terbangun serta meningkatkan kualitas Universitas Padjadjaran dan LIPI dalam menghasilkan program penelitian unggulan,” ujar Dr. Setiawan.

Kegiatan peresmian Laboratorium Meat Milk Pro merupakan rangkaian dari Dies Natalis Fakultas Peternakan Unpad ke-51 yang diteruskan dengan Mimbar Ilmiah bertema “Retrospeksi Fakultas Peternakan Dalam Menyongsong Era PTNBH”. Menghadirkan Prof. Dr. Ir. Sjafril Darana MS, Dr. Agr. Ir. Asep Anang, M.Phil, Wakil Rektor III Unpad Dr. med. Setiawan, dr dengan moderator Prof. Dr. Ir. Ellin Harlia MS.

Kemudian dilanjutkan Saresehan “Kurikulum Fakultas Peternakan Dalam Persepsi Stakeholder” berikut narasumber diantaranya Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA, Prof. Dr. Ir. Kusmajadi Suradi MS, Ir. R. Abdullah MS, Dr. Ir. Tb. Benito A. Kurnani Dip.EST, Rona Ayudya, Kang Yuna, dan Managing Director PT Javatec Food Technology Ir. Budi Wahyu Setiadi. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment