Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Liputan Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan (4): Kultur Budaya Dapat Menjaga Sumber Genetik Lokal

Written by admin on October 22, 2009. Posted in Event

[peternakan.unpad.ac.id, 22 Oktober 2009] Memasuki hari kedua sekaligus hari terakhir Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan, membahas tentang Sertifikasi Plasma Nutfah Mutu Bibit Domba yang disampaikan oleh Dr. Ir. Denie Heriyadi, SU Dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Pada pembahasan tersebut dipaparkan bahwa plasma nutfah salah satunya seperti Domba Garut merupakan aset penting. Upaya ini ditempuh melalui standar mutu baku yang telah disertifikasi. Sertifikasi bibit Domba Garut adalah bentuk pengakuan oleh pemerintah atau lembaga lain atas keahlian dan keterampilan Peternak.

“Selain pengakuan melalui Sertifikasi Plasma Nutfah, kultur budaya dapat menjaga sumber genetik lokal sehingga membantu pemerintah dalam budidaya bibit lokal,” jelas Dr. Ir. Denie Heriyadi, SU

Tujuan penelitian adalah untuk menyediakan bibit lokal khususnya Domba Garut yang berkualitas dalam jumlah cukup dan memberikan penghargaan kepada Peternak yang memiliki domba dengan tingkat produktivitas tinggi. (bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment