Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Liputan Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan (5): Peningkatan SDM Dalam Menangani Sumber Daya Genetik Ternak

Written by admin on October 22, 2009. Posted in Event

[peternakan.unpad.ac.id, 22 Oktober 2009] Prof. Dr. Ir. Ronny R. Noor, MSc.Rur Perwakilan International Livestock Research Institut di Indonesia Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor menjelaskan bahwa 30% bangsa ternak di dunia terancam punah dan tidak ada program konservasi.

“Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan langkah peningkatan SDM dalam menangani sumber daya genetik ternak terutama bibit lokal,” ungkap Prof. Dr. Ir. Ronny R. Noor, MSc.Rur

Lebih lanjut dijelaskan langkah-langkah sistematis mengenai peningkatan tersebut diantaranya adalah memastikan kepemilikan dan kepemimpinan bersama, melibatkan multi-stakeholder, mengembangkan kebutuhan peserta, pendekatan holistik, integrasi program, promosi kerjasama, dan monitoring penggunaan dampak pelatihan.

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Sri Bandiati pada kesempatan yang sama menjelaskan mengenai prospek pengembangan ruminansia kecil sebagai sumber lokal dalam menunjang ketahanan pangan.

Ruminansia kecil ini dibatasi pada komoditi domba dan kambing yang pemeliharaannya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu ekstensif dan intensif sehingga memiliki performan produksi yang berbeda.

Diharapkan dengan pemanfaatan keragaman genetik ternak mampu menjawab kebutuhan produk ternak khususnya daging dalam rangka menunjang ketahanan pangan. (bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment