Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Lokakarya Akademik Program Sarjana (S1) Ilmu Peternakan

Written by bayuns on July 11, 2012. Posted in Event

                                           

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Dalam rangka penyempurnaan kurikulum sesuai dengan standar kompetensi lulusan, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran mengadakan Lokakarya Akademik Program Sarjana (S1) Ilmu Peternakan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA Dekan Fakultas Peternakan Unpad dihadapan peserta lokakarya bertempat di Gedung IV Amphiteater, Rabu (11/7). “Kurikulum S1 secara keseluruhan harus dilihat kembali salah satunya adalah terkait pengembangan bisnis,” kata Dr. Iwan Setiawan.

Ia menambahkan, lama studi yang ditempuh mahasiswa harus bersandar pada Angka Efisiensi Edukasi (AEE). “Semakin lama sekolah tentunya akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan,” ungkapnya. Selain itu hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa mulai Agustus 2012 harus dipublikasikan secara online, terutama memperhatikan aspek HAKI yaitu hak moral seseorang.

Lebih lanjut dijelaskan pula mengenai Student Center Learning (SCL). Dimana dalam hal ini metode yang digunakan adalah Small Group Discussion, Case Study, Role Play and Simulation. “Dengan adanya lokakarya ini diharapkan dapat dirumuskan secara teknis metode SCL yang digunakan secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Lokakarya ini terbagi menjadi beberapa topik bahasan diantaranya adalah Komisi I membahas penyempurnaan kurikulum sesuai dengan standar kompetensi lulusan, selanjutnya Komisi II program percepatan waktu studi / peningkatan AEE, kemudian Komisi III penyempurnaan pedoman penyelenggaraan akademik dan kelengkapan bahan ajar  (penulisan skripsi, jurnal skripsi, Unpad repository, panduan PKL, SAP/GBPP), dan terakhir Komisi IV implementasi metode pembelajaran SCL dalam kurikulum berbasis kompetensi. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment