Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Mahasiswa Unpad Bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Julia Gillard

Written by bayuns on June 20, 2013. Posted in Kemahasiswaan

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Hari yang takkan terlupakan oleh Mahasiswa ini, Yudhistira Pratama S merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD, DetiInayatun (Fapet IPB), Yogi Sidik (Fapet UGM)  yang sedang mengikuti Program Study Apprentice 2013 di Northern Territory, Australia bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Julia Gillard. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Parlemen Australia di Canberra. Pertemuan yang berlangsung memang tidak lama, namun sangat berkesan sekali bagi ketiga mahasiswa tersebut.  

Mereka semua sangat senang bisa bertemu dengan orang nomor satu di negeri kanguru ini. Bukan hanya itu, saat perbincangannya dengan Julia Gillard, para mahasiswa tersebut menyampaikan program ini sangat bagus untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi antara Indonesia dan Australia terutama dalam hal Animal Welfare. Selain itu juga dapat saling berbagi pengetahuan di bidang Industri Sapi Potong dan saling memahami budaya dari kedua Negara tersebut. Julia Gillard juga menyampaikan secara langsung dukungannya atas program ini.

Program yang awalnya merupakan rintisan dari Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Peternakan UNPAD yaitu Cattle and Bufflo Club (CBC) pada tahun 2012 lalu, yang diinisiasi oleh ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) dan kerjasama dengan pihak Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA). Tahun sebelumnya telah berjalan sukses dengan mengikutsertakan mahasiswa dari Universitas Brawijaya, sehingga di Tahun 2013 peserta yang diikutsertakannya diperbanyak, kalau tahun sebelumnya hanya 8 orang peserta, tahun ini sampai 15 orang peserta dari berbagai Fakultas Peternakan di Indonesia yang terdiri dari UNPAD, UGM, IPB, UNIBRAW dan juga UNRAM.

Tidak disangka program ini mengalihkan perhatian Perdana Menteri Australia, Julia Gillard saat pertemuannya dengan Eksekutif Direktur Northern Territoy Cattleman’s Assosiation Luke Bowen di Darwin. PM Australia sangat ingin bertemu dengan Mahasiswa yang mengikuti program ini. Sampai akhirnya dipilih 3 orang perwakilan untuk menuju Gedung Parlemen Australia di Canberra. Mereka didampingi langsung dari pihak NTCA beserta mentor program, Alward Foster.

Saat di gedung parlemen Australia, ketiga mahasiswa tersebut mendapatkan kesempatan untuk melihat sidang parlemen yang sedang berlangsung, bahkan sampai mendapatkan Kartu Undangan khusus untuk menuju ruang sidang. Selain itu juga mereka bertemu dengan Menteri Perdagangan Australia Craig Emerson, Menteri Pertanian Australia Joe Ludwig dan Menteri Pelayanan Regional Chaterine King. Sebelum pertemuannya dengan Julia Gillard, mereka juga bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Australia Bapak Nadjib Riphat Kesoema, beliau juga merupakan alumnus Unpad.

Seharian mereka habiskan waktu di gedung Parlemen Australia. Sampai keesokan harinya,ketiga mahasiswa tersebut kembali ke Katherine Rural College Charles Darwin University di dekat kota Katherine, dimana seluruh peserta program ini mendapatkan pelatihan selama 2 minggu untuk memperdalam ilmu tentang Work Safety, First Aid, Riding Horses, Quadbikes dan Handling Cattle. Karena setelah pelatihan tersebut, Mahasiswa tersebut disebar ke 16 Cattle Stations (Perusahaan Pembibitan Sapi) yang berbeda selama enam minggu.

Oleh : Yudhistira Pratama S (200110100266)

Trackback from your site.

Leave a comment