Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Mahasiswa Unpad Masuk 30 Terbaik Program Indonesia Next 2017 Telkomsel

Written by bayuns on January 22, 2018. Posted in Kemahasiswaan

[unpad.ac.id, 19/01/2018] Empat mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil masuk ke dalam 30 finalis terbaik di ajang Indonesia Next 2017. Ajang ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel di bidang pendidikan yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia di tingkat global.

Empat mahasiswa tersebut, yakni Isman Muayyad (Fakultas Psikologi), Erma Rosalina (Fakultas Ilmu Komunikasi), Aini Novianty (Fakultas MIPA), dan Astri Septiani (Fakultas Peternakan). Keempatnya berhasil lolos sebagai finalis terbaik mewakili kota Bandung setelah melalui serangkaian seleksi dan pelatihan.

Dalam acara pengumuman pemenang Indonesia Next 2017 yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (18/01), ketua dewan juri Indonesia Next 2017 Handry Satriago mengatakan, lebih dari 10.000 peserta se-Indonesia yang mendaftar di tahap pertama.

Selanjutnya, 4.562 mahasiswa terpilih untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Seleksi ini kemudian meloloskan 4.036 mahasiswa pelatihan dan ujian berstandar internasional. Pelatihan tersebut terdiri dari 4 peminatan, diantaranya desain komunikasi, komunikasi visual, presentasi, dan manajemen presentasi. Usai mengikuti pelatihan, peserta dihadapkan pada ujian berstandar internasional.

Selanjutnya, 1.300 mahasiswa yang lolos uji sertifikasi dan mengikuti local bootcamp dan mendapat berbagai materi pengembangan kemampuan diri. Dari jumlah tersebut, panitia kembali memiliki 20 terbaik untuk melakukan presentasi di hadapan panelis dari pihak Telkomsel.

Dari 20 tersebut, dipilih 5 terbaik dari setiap kota untuk memperebutkan gelar terbaik dari yang terbaik dan berkesempatan mengikuti kuliah singkat di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat.

Adapun 30 finalis terbaik tersebut berasal dari 6 kota, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Selain keempat mahasiswa Unpad, finalis terbaik dari kota Bandung diraih oleh Angela Belinda dari Institut Teknologi Bandung.

Acara pengumuman pemenang Indonesia Next 2017 ini dihadiri langsung Rektor Unpad dan sejumlah pimpinan Telkomsel. Dalam sambutannya Rektor mengatakan, ada optimisme terbangun tatkala melihat talenta luar biasa dari para peserta Indonesia Next 2017.

“Saya yakin yang datang ke Indonesia Next 2017 ini bukan semata karena ada aspek reward. Tapi, reward terbesar yang memotivasi untuk hadir di sini adalah panggilan untuk menjawab tantangan Indonesia ke depan, serta kesempatan untuk meningkatkan kapasitas,” ujar Rektor.

Di hadapan peserta acara, Rektor berpesan agar para finalis Indonesia Next 2017 dapat membagikan berbagai pengalaman dan keilmuan yang didapat. “Proses ini adalah langkah awal saudara untuk dapat berbagi di masyarakat,” kata Rektor.

Sementara itu, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachir mengatakan, dari 30 finalis terbaik saat ini, akan dipilih 5 – 10 pemenang untuk mendapatkan tiket ke Stanford University. Di sana, pihaknya menyediakan program perkuliahan singkat untuk meningkatkan kompetensi para pemenang.

Di akhir acara, 10 finalis terpilih ke Stanford University. Sementara 20 finalis lainnya berkesempatan mengikuti pelatihan di Singapura.

Selain pengumuman pemenang, acara tersebut juga diisi dengan Inspiring Talkshow yang menghadirkan berbagai pembicara kompeten.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2018/01/mahasiswa-unpad-masuk-30-terbaik-program-indonesia-next-2017-telkomsel/

Trackback from your site.

Leave a comment