Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Manisnya Ramadhan Bersama DKM An-Nahl

Written by bayuns on July 15, 2014. Posted in Pengabdian Masyarakat

An-Nahl 2014.1 An-Nahl 2014.2 An-Nahl 2014.3

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang diistimewakan dibanding dengan 11 bulan lainnya. Setiap manusia berlomba di dalamnya untuk memperoleh banyak rahmat serta ampunan dari sang khalik. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi DKM An-Nahl Fakultas peternakan Universitas Padjadjaran, yang  mengadakan kegiatan Gema Ramadhan (Gemara) DKM An-Nahl 2014.

Kegiatan ini dipersiapkan dengan penuh antusias oleh semua panitia yang terlibat. Rangkaian acara yang dibuat pun tidak hanya satu, melainkan terdiri dari sejumlah agenda. Adapun jadwal yang diselenggarakan dalam kegiatan Gemara DKM An-Nahl 2014  yaitu Surat Cinta Ramadhan, bagi-bagi ta’jil, Kajian Rutin (Kantin) for all, Pesantren Kilat, Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit), serta santunan anak yatim. Semuanya di kemas dengan tema “Manisnya Ramadhan Bersama DKM An Nahl.

Kegiatan penyebaran Surat Cinta Ramadhan dan pembagian ta’jil dilaksanakan oleh Keluarga DKM An-Nahl untuk seluruh lembaga dan civitas masyarakat lingkungan Fakultas Peternakan pada hari Jum’at tanggal 27 Juni 2014. Selanjutnya,  bagi-bagi ta’jil dilaksanakan di gerbang lama Universitas Padjadjaran selama 14 hari. Kemudian, dengan Kantin for all yang dilaksanakan di selasar masjid An-Nahl pada Kamis tanggal 10 Juli 2014, yang dihadiri dari berbagai Fakultas Universitas Padjadjaran dan beberapa perwakilan dari UKM Fakultas Peternakan. Materi yang disampaikan bertemakan Pandangan Al-Qur’an terhadap kesejahteraan hewan yang disampaikan oleh ustadz Cucu Al Ghifari.

Berikutnya, Mabit dan Pesantren Kilat dilaksanakan pada Sabtu-Minggu tanggal 12-13 Juli 2014 yang bertempat di masjid An-Nahl. Pesantren Kilat di isi oleh ustadz Sarifudin Firdaus dengan tema yaitu “Fiqih dan Praktek dalam Mengurus Jenazah. Acara Mabit di isi oleh Marlis Nawawi S.Pt dengan materi Nudzulul Qur’an. Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu tanggal 13 Juli 2014. DKM An-Nahl mengundang anak-anak dari panti asuhan Dapur Yatim Indonesia, melakukan kunjungan-kunjungan ke UKM Rabit Ranch dan KSPTP. Kemudian ada pemberian motivasi dari Kang hendra selaku Wakil Presiden BEM Unpad  Fakultas Psikologi. Seluruh rangkaian acara di tutup dengan pemberian beberapa buku, uang saku, hadiah, serta al qur’an kepada panti asuhan Dapur Yatim Indonesia.

M. Zaenudin Ketua Pelaksana Gemara 2014 mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Cinta dari DKM An-Nahl khususnya di bulan ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan. “Kami ingin merasakan nikmat dan lezatnya saling berbagi dengan sesama. Harapannya dari Gemara 2014, menimbulkan semangat baru di bulan Ramadhan untuk selalu menggunakan waktu dengan kegiatan yang positif. Selain itu,  terlahir Gemara–Gemara yang lebih baik di tahun selanjutnya. Salam satu jiwa untuk Semua. Semangat !!!,” tutur M. Zaenudin (SN/BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment