Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Menambah Pengalaman Lewat Go to Farm

Written by admin on December 27, 2010. Posted in Event

Oleh M.Taufik

Kuningan, TTIP (11/12) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Peternakan Unpad selalu melakukan kunjungan ke peternakan-peternakan besar yang dikemas dengan nama Goes to Farm (GTF). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan melalui Departemen PSDMO, kegiatan ini juga  merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian penerimaan mahasiswa baru tahun 2010.

Pada kesempatan kali ini kunjungan dilakukan ke sebuah perusahaan peternakan di daerah Kuningan  yang bernama PD. Duta Hadir, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ayam petelur, dimana salah satu pemilik perusaahaan ini merupakan alumni dari Fakultas Peternakan Unpad.

Peserta yang ikut GTF ini berjumlah 232 orang. 205 orang mahasiswa Fakultas Peternakan Angkatan 2010 dan sisanya merupakan mahasiswa dari angkatan atas. Rombongan berangkat dari kampus Unpad Jatinangor sekitar pukul 07.30 wib, suasana perjalanan terasa sangat sepi ini dikarenakan rute perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu banyak sehingga para peserta lebih memilih untuk tidur. Tepat pukul 12.00 WIB, akhirnya rombongan pun tiba ditempat tujuan dengan selamat. Wajah-wajah peserta yang pada awalnya terlihat kelelahan sekitika berubah menjadi ekspresi yang penuh dengan rasa penasaran, hal ini dapat dimaklum karena sebagian dari peserta baru kali ini mengunjungi perusahaan peternakan dangan skala besar.

Dalam kegiatan ini peserta dibagi kedalam 10 kelompok dan setiap kelompok secara begilirian mengunjungi kandang-kandang pemeliharan yang dimulai dari kanadang fase starter, grower dan finisher. Peserta terlihat sangat antusias sekali mengikuti arahan dari pegawai-pegawai perusahaan tersebut, banyak sekali terlontar pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta terhadap para pegawai-pegawai perusahaan.

Dengan kondisi jalan di dalam peternakan yang sangat tidak mendukung ditambah lagi dengan hujan yang turun tidak membuat para peserta patah semangat untuk menggali informasi sebanyak mungkin. Tapi dengan seiring berjalannya waktu kunjungan pun terpaksa harus disudahi, ekspresi kurang puas pun terpancar dari wajah peserta karena waktu kunjungan kurang lama.

Diharapkan dengan mengikuti GTF ini peserta dapat mengenal lebih jauh dunia peternakan yang bersifat outdoor serta memberikan pengetahuan sejauh mana prospek wirausaha dunia peternakan kedepannya.

Trackback from your site.

Leave a comment