Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Menjadi Pemenang dalam Percaturan Perunggasan 2011

Written by admin on December 14, 2010. Posted in Event

Oleh Irfan Syuhada & Dodi GP

Jakarta, 1 Desember 2010 – TTIP, Acara Seminar “Outlook Perunggasan 2010” mengusung tema Change to be a Winner : “Menjadi Pemenang dalam Percaturan Perunggasan 2011”.

Seminar yang dilakukan pada Rabu, 1 Desember 2010 tersebut mengambil tempat di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. Acara seminar tersebut dihadiri oleh para pelaku usaha dari berbagai bidang, khususnya dalam bidang perunggasan tentunya. Seminar yang menghadirkan empat pembicara berlangsung lebih kurang tujuh jam. Diantaranya Diektur Perbibitan yang baru yang menggantikan Dr. Ir. Gunawan, MS, yakni Bapak Abu Bakar. Beliau baru dilantik pada 29 November 2010 yang lalu. Ketiga pembicara lainnya yaitu, Vice President PT Japfa Confeed Indonesia Budiarto Soebijanto, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB I. Wayan Teguh Wibawan, dan Industry Specialist dari Bank Agris yakni Paulus Setiabudi.

Acara yang berkaitan dengan Ulang Tahun TROBOS yang ke-11 itu memaparkan tentang bagaimana sistem Perunggasan/keadaan Perunggasan di Indonesia saat ini. Seperti yang kita tahu bahwa perunggasan terbukti mampu berswasembada daging ayam, terutama broiler. Tetapi dalam hal pencapaian target yang berdasarkan Kementrian Pertanian 2010 – 2014, yakni swasembada yang berkelanjutan, diversifikasi pangan, nilai tambah dan daya saing, serta peningkatan kesejahteraan petani dirasakan masih belum optimal. Untuk itu dibutuhkan suatu langkah yang strategis, taktis, fokus, dan konsisten akan pencapaian tersebut.

“Masih banyak para pelaku usaha dalam perbibitan PS (Parent Stock) yang belum terdaftar pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan,” Kata Abu Bakar selaku Dirjen Perbibitan. Walaupun masih baru dilantik, tapi beliau dengan yakinnya memaparkan apa-apa saja yang harus disampaikan dalam acara seminar tersebut. Dengan modal keyakinnya itu, banyak dari para peserta seminar yang bertanya maupun yang menyanggah pada saat sesi tanya jawab berlangsung.

Hasil dari diskusi ini dapat disimpulkan beberapa poin yang diantaranya :

1.      Maksud dari menjadi pemenang dalam percaturan perunggasan disini adalah “target pencapaian” menuju lebih efisiensi dari tahun sebelumnya.

2.      Pada tahun 2011 ditargetkan perunggasan akan lebih bertambah dan meningkat, dan rencananya antibiotik dan permasalahannya akan ditinggalkan, diganti dengan herbal medicine, tapi itu semua baru rencana karena masih banyak kendala yang harus dihadapi.

3.      Volume berpengaruh terhadap skala ekonomi, sementara untuk meningkatkan perunggasan peran peternak mandiri sangat penting karena peternak mandiri adalah seorang partner.

4.      Bank belum sepenuhnya 100% bisa mendanai, tapi sudah ada sebagian bank BUMN yang mendanani untuk peternakan.

5.      Untuk meningkatkan konsumsi protein hewani harus ada kampanye gizi secara berkelanjutan.

6.      Untuk membicarakan tentang perunggasan akan diadakan pertemuan bersama direktorat jendral peternakan secara khusus

Trackback from your site.

Leave a comment