Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Jelang Pensiun, Anggota BPK Jajaki Bisnis Peternakan

Written by bayuns on September 16, 2014. Posted in Event

Kunjungan BPK

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Memasuki masa pensiun yang semakin dekat, sekitar delapan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia yang tergabung dalam Duta Transformasi Insani, melakukan kunjungan ke Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Selasa (16/9).

Kegiatan anggota BPK tersebut dilakukan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia peternakan dan potensi bisnis yang dapat dikembangkan. Dr. Ir. Unang Yunasaf, M.Si yang menjabat selaku Wakil Dekan II menyatakan, kerjasama yang telah terjalin, diharapkan mampu menambah wawasan di sektor ini.

Lebih lanjut diungkapkan oleh Ir. Tidi Dhalika MS, kebutuhan susu nasional Tahun 2012 yakni sebesar 2,89 juta ton. “Pemenuhan produksi nasional hanya 23 persen. Dan sisanya dilakukan importasi. Kondisi tersebut, jelas merupakan sebuah peluang usaha yang dapat dilakukan oleh kita semua,” ujarnya.

Ia berpendapat, selain pemenuhan kebutuhan susu terdapat peluang lainnya yaitu kebutuhan daging yang sumbernya dari sapi pedaging. “Untuk propinsi Jawa Barat saja membutuhkan 665.370 ekor atau setara dengan 106 ribu ton sapi per tahun. Kebutuhan tadi sebagian besar dipenuhi dengan impor mencapai 70 persen,” kata Tidi Dhalika.

Oleh karena itu menurutnya, peluang bisnis di sektor peternakan masih terbuka lebar. Hal ini disebabkan kebutuhan protein hewani sangat besar. Tahun 2035 penduduk Indonesia diperkirakan bertambah 400 juta penduduk. “Indonesia akan menjadi Big National Market atau pasar internasional karena potensi jumlah penduduk serta ragam kebutuhannya,” pungkas Tidi Dhalika. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment