Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Pakan Hijau Alternatif, Menggunakan Silase Daun Rami

Written by bayuns on October 30, 2014. Posted in Event

Daun Rami.1 Daun Rami.2 Daun Rami.3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Seminar Ilmiah Perdana Dosen yang bertempat di Ruang Seminar, Kamis (30/10). Hadir sebagai pembicara Ir. Budi Ayuningsih M.Si membahas Pakan Hijau Alternatif Daun Rami.

Menurutnya, tanaman rami atau yang dikenal dengan nama latinnya Boehmeria nivea mempunyai potensi produksi 48-60 ton segar/hektar/tahun. “Daun rami ini mendukung kebutuhan 54 ekor domba ha/tahun,” kata Budi Ayuningsih.

Dia menjelaskan, dalam penggunaanya memerlukan pengawetan cara basah dengan teknik silase. Penelitian yang dilakukan selain daun rami juga menggunakan lumpur kecap sebagai bahan starter, kemudian rumput dan konsentrat.

“Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian yang telah berjalan, Silase Daun Rami, dapat dimanfaatkan sebagai pakan domba. Namun, agar lebih optimal harus dilakukan penelitian lebih lanjut,” pungkas Budi Ayuningsih. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment