Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Pelatihan Pengolahan Susu (Karamel) Siswa SMA 5 Muhammadiyah Rancaekek

Written by bayuns on December 21, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Susu (Karamel) bekerjasama dengan SMA 5 Muhammadiyah Rancaekek di Laboratorium Teknologi Pengolahan Produk Peternakan Jatinangor, Jumat (21/12).

Kegiatan yang diikuti oleh 34 siswa ini merupakan pengenalan pengolahan susu kepada siswa sekolah, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk mengkonsumsi susu segar beserta olahannya, sebagai makanan yang sehat dan bergizi tinggi.

Dr. Obin Rachmawan yang memberikan materi pelatihan dibantu oleh Wendry Setiyadi Putranto, S.Pt., M.Si serta Nanah S.TP menyatakan bahan yang digunakan antara lain susu segar, gula pasir, glukosa dan margarine.

“Prosedur pembuatan karamel adalah memanaskan gula, kemudian mencampurnya dengan susu, dilanjutkan dengan pengadukan hingga kental,” kata Obin Rachmawan.

Menurut Wendry, susu merupakan bahan pangan yang mudah rusak. Sehingga diperlukan pengolahan untuk memperpanjang masa simpannya. “Melalui kegiatan ini, siswa mendapatkan teori dan praktek pengolahan susu, diantaranya pengolahan menjadi karamel,” ujarnya. (WSP/BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment